CPL-8 Menguasai filosofi, teori, metodologi, dan praktik pendidikan mutakhir serta memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma penelitian dan analisis sistem dalam kebijakan pendidikan.
CPL-10 Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan seni baru di bidang pendidikan melalui penelitian interdisipliner, memecahkan masalah kompleks dengan pendekatan inovatif, dan memimpin tim multidisipliner dalam proyek penelitian besar sambil mengelola sumber daya dan mengintegrasikan teknologi mutakhir untuk kebijakan pendidikan berbasis bukti.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan berbagai metodologi penelitian dalam konteks pendidikan untuk mengatasi masalah pendidikan yang kompleks (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan membandingkan paradigma penelitian yang berbeda untuk menentukan pendekatan yang paling efektif dalam studi pendidikan (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas metodologi penelitian terapan dalam studi kasus nyata di bidang pendidikan (C5)
CPMK-4 Mengintegrasikan teknologi mutakhir dalam desain penelitian untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pengumpulan dan analisis data (C6)
CPMK-5 Menciptakan kerangka kerja penelitian baru yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk memecahkan masalah pendidikan yang belum terpecahkan (C6)
CPMK-6 Menerapkan teori dan praktik pendidikan mutakhir dalam merancang penelitian yang efektif dan etis (C3)
CPMK-7 Menganalisis hasil penelitian untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam data pendidikan, serta mengusulkan solusi berbasis bukti (C4)
CPMK-8 Mengevaluasi kritikal terhadap literatur penelitian untuk menentukan relevansi dan aplikasi dalam konteks pendidikan saat ini (C5)
CPMK-9 Menciptakan proposal penelitian interdisipliner yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan metodologi dari disiplin ilmu yang berbeda (C6)