CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah di bidang Pendidikan Luar Biasa dengan memperhatikan berbagai faktor secara komprehensif;
CPL-8 Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa;
CPMK
CPMK-1 Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif untuk mengembangkan konsep identifikasi dan asesmen peserta didik disabilitas yang meliputi pengertian, arah dan tujuan, tahapan, ruang lingkup, prosedur, instrumen, pelaksanaan identifikasi dan asesmen untuk memecahkan problematika peserta didik disabilitas
CPMK-2 Terampil merumuskan dan mengembangkan alternatif solusi untuk mengatasi probematika peserta didik disabilitas dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi berdasar hasil identifikasi dan asesmen ABK, juga melalui pengelolaan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan professional
CPMK-3 Mampu memilih dan memanfaatkan teknologi informasi yang adaptif dan kontekstual untuk mendukung perencanaan, rekayasa, dan pelaksanaan identifikasi dan asesmen peserta didik disabilitas maupun menentukan project dan produk berkaitan dengan identifikasi dan asesmen ABK berupa artikel, bahan dan media digital maupun non digital, infografis, dsb.. Selain itu juga instrumen identifikasi dan instrumen asesmen berkaitan permasalahan ABK yang perlu diatasi dan atau kemampuan ABK yang perlu dioptimalkan