Mata kuliah ini membahas, mengkaji, menganalisis tentang konsep dasar dan prinsip identifikasi dan asesmen ABK, Menganalisis kesenjangan antara
konsep dan praktik identifikasi dan asesmen dalam layanan pendidikan khusus, penelitian dan literatur mengenai isyu-isyu identifikasi dan asesmen di PLB,
menyusun prosedur pelaksanaan identifikasi dan asesmen akademik dan non akademik yang dapat diterapkan di sekolah untuk ABK, ruang lingkup dan teknik
identifikasi dan asesmen akademik maupun non akademik (perilaku, sosial emosional, kognitif, dsb.). Merancang dan menerapkan instrumen identifikasi disertai
scoping review. Kasus/permasalahan dan analisis kesalahan membaca, menulis maupun berhitung/matematika. Asesmen berkaitan mapel lainnya. Pembuatan rancangan
dan pengembangan instrumen asesmen akademik dan non akademik disertai scoping review. Mempraktikkan/penerapan asesmen akademik dan non
akademik sebagai dasar pembuatan program pembelajaran individual dan atau perangkat pembelajaran/modul ajar sesuai kebutuhan anak berkebutuhan
khusus. Laporan hasil identifikasi dan asesmen serta tindak lanjut secara tertulis atau lisan. Pelaksanaan perkuliahan dengan menerapkan model
pembelajaran case study dan project based learning