Mata kuliah ini mampu membekali mahasiswa dengan dua konsep. Pertama konsep manajemen pendidikan dan kedua, konsep pendidikan inklusif. Mata kuliah ini memadukan kedua konsep tersebut. Mahasiswa akan belajar terkait beberapa substansi manajemen pendidikan yaitu manajemen kurikulum, manajemen sarana prasarana, manajemen humas, manajemen keuangan, manajemen guru dan tenaga kependidikan, dan manajemen layanan khusus di sekolah dasar. Serta ekstensinya yaitu manajemen perubahan, kepemimpinan, dan manajemen proyek. Beberapa substansi dan ekstensi tersebut diharapkan menjadi bekal mahasiswa untuk menjadi kepala sekolah yang berkompeten di SD. Konsep Pendidikan inklusif ini lebih menekankan pada bagaimana mahasiswa mengenali karakteristik anak berkebutuhan khusus secara sederhana, serta bagaimana mengelola anak berkebutuhan khusus ini di sekolah inklusif. Karena saat ini, sekolah-sekolah diarahkan pemerintah untuk menjadi sekolah inklusif. Sehingga dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki bekal untuk menjadi calon kepala sekolah di sekolah dasar inklusif.