Matakuliah ini mengaji tentang (a) konsep , prinsip, peran, fungsi, dan tujuan asesmen, strategi asesmen hasil belajar, serta kebijakan pemerintah dalam bidang pemerintah; (b) assessment as learning, assessment for learning, assessment for learning; (c) Hasil belajar kognitif, proses, psikomotorik, dan sikap; (d) Instrumen untuk mengukur hasil belajar (tes dan nontes)dan karakteristiknya; (e) asesmen alternatif dan asesmen autentik; (f) Pengembangan butir-butir asesmen untuk mengukur proses dan hasil belajar; (g) interpretasi hasil asemen hasil belajar; (h) Konsep high order thinking skills (HOTS), jenis-jenis HOTS, (i) Konsep keterampilan berpikir kritis dan cara mengasesnya, (j) konsep berpikir kreatif dan cara mengasesnya, (k) konsep pemecahan masalah dan cara mengukurnya, (l) konsep keterampilan pengambilan keputusan dan cara mengasesnya, (m) konsep keterampilan berpikir menurut taksonomi solo dan cara mengukurnya. Perkuliahan disajikan secara teori, penugasan, dan workshop.