Sains dan matematika merupakan dua aspek konten pembelajaran dalam kurikulum pendidikan pada anak usia dini. Kedua bidang tersebut harus dipandang dalam tiga perspektif yakni perspektif perkembangan, perspektif aktivitas dan perspetif subject matter atau isi materi pembelajaran. Dari sudut perspektif perkembangan, sains dan matematika merupakan bidang yang dijadikan wahana untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan berbagai aspek perkembangan lainnya yang terkait. Dalam perspektif aktivitas (sains and math as activity), kedua bidang merupakan aktivitas atau kegiatan yang hidup dan berada dalam kehidupan sehari-hari anak. Pada perspektif ketiga, sains dan matematika dapat dipandang sebagai materi isi (sains and math as subject matter) kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini akan memberikan sejumlah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa memahami, menganalisis, menggunakan dan mengembangkan konsep teoritik tentang pendidikan sains dan matematika pada anak usia dini. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengelaborasi berbagai disain pembelajaran sains dan matematika anak usia dini dengan menggunakan berbagai jenis serta proses bermain dalam berbagai konteks kehidupan yang nyata, bermakna dan menyenangkan.