Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) pada program studi Pendidikan Teknologi Informasi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip dan praktik dalam pengembangan perangkat lunak yang berkualitas. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari siklus hidup perangkat lunak (Software Development Life Cycle - SDLC), teknik-teknik pengembangan perangkat lunak, serta metodologi yang digunakan dalam perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan pemeliharaan perangkat lunak.
Materi yang akan dibahas mencakup teknik-teknik analisis kebutuhan sistem, desain perangkat lunak, pengujian perangkat lunak, serta dokumentasi dan manajemen proyek perangkat lunak. Selain itu, mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai model pengembangan perangkat lunak, seperti model Waterfall, Agile, dan DevOps, serta penerapan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam konteks pendidikan dan teknologi informasi.
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami teori-teori dasar rekayasa perangkat lunak, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dalam proyek pengembangan perangkat lunak nyata, termasuk aplikasi pendidikan dan teknologi yang dapat digunakan dalam konteks pendidikan.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
Menganalisis dan mendokumentasikan kebutuhan perangkat lunak secara efektif.
Mendesain dan mengembangkan perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan menggunakan metodologi yang tepat.
Mengimplementasikan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam pengelolaan proyek dan pengujian perangkat lunak.
Menggunakan alat bantu dan teknologi terkini dalam pengembangan perangkat lunak.
Berkolaborasi dalam tim pengembangan perangkat lunak untuk menyelesaikan proyek pengembangan perangkat lunak.
Mata kuliah ini juga dirancang untuk menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah teknis yang berkaitan dengan perangkat lunak serta mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam tim yang mengembangkan solusi perangkat lunak di dunia industri dan pendidikan.