Mata kuliah analisis kebijakan pendidikan merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep, teori, dan lingkup kebijakan pendidikan. Menganalisis kebijakan terhadap aktivitas dan lembaga pendidikan baik di pendidikan formal, nonformal, dan informal, termasuk peran pelaku di dalamnya serta kegiatan-kegiatannya. Menganalisis permasalahan nyata kebijakan dan implementasi pendidikan dari berbagai cara pandang kebutuhan masyarakat dari segi sosial budaya, politik, ekonomi, hukum, dan iptek serta mampu memberikan alternatif solusinya
Diantara kajian dalam mata kuliah analisis kebijakan pendidikan yang dibebankan diantaranya adalah (1) Konsep analisis kebijakan pendidikan, (2) Teori analisis kebijakan pendidikan, (3) Isu & masalah Pendidikan untuk kebijakan Pendidikan, (4) Merumuskan masalah dan menentukan kebijakan pendidikan, (5) Studi kasus tentang kebijakan Pendidikan, (6) Proses implementasi kebijakan pendidikan, (7) Proses dan teknik evaluasi kebijakan pendidikan, (8) Proses sosialisasi kebijakan Pendidikan, (9) Kebijakan desentralisasi Pendidikan, (10) Kebijakan program pendidikan, (11) Praktik penelitian kebijakan, (12) Metode analisis kebijakan dan perencanaan pendidikan, dan (13) Publikasi ilmiah hasil penelitian kebijakan pendidikan.
Mahasiswa diharapkan dapat memahami secara konseptual mengenai analisis kebijakan pendidikan termasuk didalamnya hasil penelitian dan novelty (aspek kebaruan) baik secara substantif dan metodologis yang dapat dipelejari dan dijadikan model atau bahan perbandingan temuan maupun tunjangan penulisan disertasi. Adapun hasil akhir dari perkuliahan ini adalah terwujudnya publikasi artikel di jurnal ilmiah nasional sinta 1, 2, atau 3 dan/atau di jurnal internasional terindeks Scopus dengan pembahasan terkait kebiajakn pendidikan. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas berupa membuat makalah dan power point untuk disajikan dalam seminar kelas sebagai bahan diskusi, dilakukan dengan system seramah secara online maupun offline, serta dilaksanakan dengan presentasi, diskusi, penugasan, refleksi dan penguatan.