Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran
Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan
Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan
Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
CPL Program Studi pada MK
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-5 Memiliki sikap professional sebagai pendidik dan praktisi dalam bidang tata busana yang meliputi disiplin, jujur, bertanggung jawab dan bekerjasama.
CPL-7 Terampil merancang perangkat ajar dan menerapkan dalam pembelajaran bidang tata busana
CPL-10 Terampil merancang, melaksanakan penelitian, menganalisis dan mengimplentasikan hasil penelitian di bidang pendidikan tata busana dan kompetensi keahlian tata busana
CPL-12 Mampu menerapkan konsep bidang pedagogic dalam pembelajaran di sekolah menengah kejuruan yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengembangan perangkat, evaluasi, dan media pembelajaran berbasis IPTEK
CPMK
CPMK-1 Menerapkan teknik dan metode pengajaran yang efektif dalam pembelajaran tata busana untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan praktis siswa (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan mengevaluasi perangkat ajar yang digunakan dalam pembelajaran tata busana untuk memastikan kesesuaian dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa (C4, C5)
CPMK-3 Merancang dan mengimplementasikan penelitian tindakan kelas untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas tata busana (C6)
CPMK-4 Mengembangkan materi ajar yang inovatif dan kreatif yang sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan industri tata busana (C6)
CPMK-5 Menerapkan strategi evaluasi pembelajaran yang efektif untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dalam bidang tata busana (C3)
CPMK-6 Menganalisis hasil evaluasi pembelajaran untuk melakukan perbaikan dan pengembangan proses pembelajaran tata busana yang berkelanjutan (C4)
CPMK-7 Mengintegrasikan nilai-nilai profesionalisme dalam setiap aspek pembelajaran tata busana, termasuk disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab (C3)
CPMK-8 Menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan adaptif yang mendukung pengajaran tata busana di era digital (C6)
CPMK-9 Mengevaluasi dan merefleksikan praktik pengajaran sendiri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar siswa (C5)
CPMK-10 Menerapkan konsep pedagogik dan andragogik dalam pengembangan kurikulum dan materi ajar tata busana yang responsif terhadap kebutuhan industri dan perkembangan zaman (C3)