Melalui pemanfaatan IPTEKS, mengkaji referensi, menganalisis proposal dan hasil penelitian, dalam mata kuliah ini mahasiswa bertanggungjawab menguasai konsep, prinsip dan prosedur metodologi penelitian untuk mampu mengambil keputusan pengaplikasiaannya dalam memecahkan permasalahan pendidikan ABK, meliputi: hakikat penelitian, pendekatan, karakteristik, tujuan, jenis-jenis dan prosedur penelitian, kajian pustaka, desain penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data, validitas dan reliabilitas, instrumen, serta mampu menyusun proposal dengan mengacu Buku Panduan Penulisan Skripsi S-1 .Unesa meliputi: menentukan/menemukan permasalahan, menyusun topik/judul, latar belakang, metode penelitian: pendekatan, jenis-desain, variabel, populasi dan sampel, kajian pustaka, kerangka pikir, hipotesis, pengumpulan dan analisis data, serta instrumen penelitian), serta mampu melaksanakan penelitian pendidikan anak berkebutuhan khusus.