Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar intervensi dini anak berkebutuhan khusus (pengertian, tujuan, manfaat, fungsi dan prinsip intervensi dini ABK), teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak berkebutuhan khusus (ABK), karakteristik ABK dan aspek-aspek pada ABK yang perlu diintervensi dini, ruang lingkup, jenis jenis intervensi dini ABK berkaitan fisik motorik, pra-akademik dan akademik, ADL/Activity Daily Living, adaptive behavior/perilaku adaptif, psikososial, kesulitan belajar, bahasa, bidang edukatif, dsb. (physical development, language development, cognitive development, psychosocial development). permasalahan intervensi dini ABK dan parents involment (keterlibatan orang tua), rujukan (referral) dalam intervensi dini ABK, materi/bahan dan pengukuran intervensi dini ABK, identifikasi dan asesmen dalam intervensi dini ABK sebagai dasar intervensi dini ABK, program intervensi dini bagi ABK, srategi konvensional, strategi berbasis online leraning, metode, teknik, media (digital dan non digital), teknologi asistif dalam implementasi intervensi dini ABK dan PDBK, metode drill, remedial, applied behavior analysis, bermain, musik, sensori integrasi, scaffolding, task analysis, modeling, home program, online learning, dsb., ;media digital dan non digital dalam implementasi/pelaksanaan intervensi dini ABK, pemecahan masalah intervensi dini ABK dan PDBK melalui karya ilmiah dalam bentuk artikel atau karya lainya, praktek program berkaitan intervensi dini ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK dan laporan praktek program intervensi dini ABK dan PDBK. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran kooperatif, case study, project based learning, problem based learning, kolaboratif, kontekstual.