Matakuliah ini membelajarkan mahasiswa dalam mengkaji konsep evaluasi yang mencakup pengertian, tujuan, manfaat, prosedur evaluasi, berbagai pendekatan atau jenis evaluasi, ruang lingkup evaluasi dalam bimbingan dan konseling, serta mempraktikkan pengembangan instrumen evaluasi mencakup evaluasi program BK, proses pelaksanaan program BK, serta hasil pelayanan BK. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni; pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek. Penilaian keberhasilan matakuliah ini dilihat dari aktifitas partisipasi, penialian hail project, portofolio dan tes. Bahan kajian matakuliah ini adalah sebagai berikut:
1. pengertian, tujuan, prinsip, faktor yang mempengaruhi evaluasi
2. model pendekatan evaluasi
3. konsep dasar evaluasi dan ragam evaluasi
4. prosedur pelaksanaan evaluasi perencanaan program bimbingan dan konseling
5. pengertian, tujuan, prinsip, dan model supervisi BK
6. instrumen evaluasi bimbingan dan konseling & mempresentasikannya dengan tanggung jawab dan etika