Menguasai kajian tentang konsep dasar ergonomi dan rehabilitasi olahraga yang meliputi : Konsep dasar pengenalan ergonomi, model ergonomi dan mode latihan dalam olahraga dan rekreasi outdoor, stress kompetitif dan latihan dalam olahraga, pentingnya kebugaran untuk pekerja, peralatan olahraga dan lapangan bermain yang dapat digunakan, work-related low back pain terkait pekerjaan dari faktor biomekanik dan pencegahan primer, ergonomi , olahraga pada special population termasuk aging dan ergonomic, perspektif gizi ergonomi secara holistik, gangguan muskuloskeletal ekstremitas dan intervensi ergonomisnya, penilaian risiko ergonomis untuk gangguan muskuloskeletal ekstremitas atas, gangguan muskuloskeletal leher dan bahu serta intervensi ergonomisnya, clinical aspects dari ergonomi olahraga, ambulasi kursi roda dari persepktif biomekanik dan pertimbangan ergonomisnya, pemanfaatan alat bantu yang efektif serta current design alat bantu rehabilitasi. Perkuliahan yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan problem-based learning , project-based learning diskusi, tanya jawab, penugasan. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan berbasis masalah menuntut mahasiswa dapat mendiskusikan dalam menyelesaikan masalah serta memprentasikan secara kelompok dan menyusun laporan dengan baik. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.