Matakuliah ini mampu menumbuhkembangkan AUD menjadi pribadi yang humaniter. Pengembangan nilai moral agama anak usia dini memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk karakter dan kepribadiannya; memberikan pemahaman dan pengkajian tentang teori-teori sosial emosional dari masa bayi sampai usia 6 tahun, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak serta hambatan yang terjadi dalam perkembangan; berbagai macam metode pengembangan kognitif dan kreativitas, serta mempraktekkan pengembangannya di dalam pembelajaran AUD, mempelajari konsep, metode (cara-cara) untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi lisan anak, memperkaya perbendaharaan kosakata, dan menulis dengan simbol-simbol yang melambangkannya; mempelajari konsep pengembangan fisik motorik, tujuan, fungsi dan prinsip-prinsip pengembangan motorik anak usia dini, dan metode (cara) untuk mengembangkan kemampuan fisik anak untuk mampu mengerjakan anggota tubuhnya dalam rangka latihan kelenturan otot, mencakup otot jari tangan dan otot anggota tubuh secara terkoordinasi dan berkesinambungan untuk melakukan berbagai gerakan motorik halus dan kasar serta aspek keselamatan dan kesehatab; berbagai macam metode pengembangan seni, serta mempraktekkan pengembangannya di dalam pembelajaran AUD.Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.