Kursus ini akan membahas secara mendalam: Konsep dasar pendidikan inklusif; Filsafat, prinsip dasar, dan peraturan; Keragaman PDBK (karakteristik) (Undang-Undang No. 8 tentang Disabilitas Fisik, Mental, dan Intelektual); Kebijakan implementasi pendidikan inklusif di Indonesia (peraturan, pedoman); Konsep dan implementasi pendidikan inklusif di Indonesia (yang mencakup Sistem Penerimaan Siswa, Identifikasi dan Penilaian, Adaptasi Kurikulum, Persiapan Alat Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian); Manajemen pendidikan inklusif (8 prinsip pendidikan dasar); Sistem Pendukung untuk Penyediaan Pendidikan Inklusif; Aksesibilitas dan Teknologi Bantu.
Diskusi implementasi Pendidikan inklusif ditujukan untuk semua siswa di semua tingkatan, jenis, dan unit pendidikan melalui pendekatan paradigma sosial GDPK dengan mengintegrasikan nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia.