Mata kuliah ini akan mengkaji secara mendalam tentang: Konsep dasar pendidikan inklusif; Filosofi, prinsip dasar dan regulasi;
Keberagaman PDBK (karakteristik) (uu no 8 dissabilitas fisik, mental, intelektual); Kebijakan pelaksanaan pendidikan inklusif di
Indonesia (regulasi, pedoman); Konsep dan Implementasi pendidikan inklusif di Indonesia (yang meliputi Sistem Penerimaan
Peserta Didik, Identifikasi dan Asesment, Adaptasi kurikulum, Penyiapan perangkat Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran,
Penilaian); Tata laksana pendidikan inklusif (8 prinsip dasar pendidikan); Sistem Dukungan Penyelenggaraan pendidikan Inklusif;
Aksessibilitas dan Asistif technologi. Pembahasan implementasi pendidikan inklusif diperuntukkan bagi semua siswa di semua
jenjang, jenis dan satuan pendidikan melalui pendekatan paradigma sosial PDBK dengan memasukkan nilai-nilai luhur budaya
pendidikan Indonesia.
Indikator keberhasilan mata kuliah ini adalah apabila mahasiswa memiliki pemahaman komprehensif mengenai pendidikan inklusi, memiliki daya toleransi yang baik terhadap masyarakat berkebutuhan khusus, serta mampu menyelaraskan program pendidikan inklusi pada program pendidikan non formal