Matakuliah ini mengkaji tentang: prinsip-prinsip dasar kesulitan belajar karena hambatan koordinasi motorik, kinestetik-taktil, sensori, persepsi, lateralisasi, atau konsentrasi-atensi, analisis kurikulum prototipe, desain pembelajaran individual bagi anak berkesulitan belajar akademik, aspek-aspek yang terkait pembelajaran calistung, deskripsi anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik, pengembangan program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar spesifik, implementasi program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar spesifik. Konsep dasar pembelajaran anak kesulitan belajar umum: pengertian, definisi, prinsip-prinsip pembelajaran dan azas-azas pembelajaran, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, program pembelajaran akademik dan non akademik, implementasi model-model pembelajaran dan strategi pembelajaran anak kesuitan belajar, program pembelajaran VAKT, analisis kurikulum, penyusunan dan pelaksanaan program pembelajaran di sekolah jenjang SD melalui kegiatan proyek studi lapangan dan studi kasus. Penerapan teknologi assistive pada pembelajaran membaca, menulis, dan matematika bagi anak kesulitan belajar