Deskripsi Mata Kuliah
This course is one of the courses in the UPNFE Unesa, which is designed to develop students‘ insight
into actual NFE problems, improve their ability to organize and present problems and become active
participants in seminars, and improve skills in holding seminars in the field of NFE. The scope of this
course covers actual issues or problems in the field of NFE which are outlined in one complete paper,
consisting of identification and formulation of problems, development of a framework for thinking,
discussion, and recommendation conclusions.
The objectives of the Proposal Seminar course in the Nonformal Education (PNF) Study Program usually
include Developing and Sharpening Research Proposals, Developing Presentation Skills, Improving
Analytical and Critical Skills, Understanding Research Methodology, Preparing for Thesis proposal or
Thesis. Overall, the purpose of this course is to prepare students to be able to compile, present, and
develop research proposals that are ready to be implemented.
CPMK
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar yang relevan dan aktual sebagai dasar penyusunan proposal penelitian.
- Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang fokus, spesifik, dan dapat diteliti dalam konteks pendidikan dasar.
- Mahasiswa mampu merumuskan tujuan dan manfaat penelitian secara logis dan terukur sesuai dengan permasalahan yang diangkat.
- Mahasiswa mampu melakukan telaah pustaka terhadap jurnal ilmiah, buku, dan sumber kredibel lainnya untuk mendukung latar belakang dan dasar teori penelitian.
- Mahasiswa mampu merumuskan landasan teori yang relevan dengan topik dan fokus penelitian secara sistematis dan kritis.
- Mahasiswa mampu merancang metode penelitian (jenis, pendekatan, dan desain) yang sesuai dengan tujuan dan permasalahan penelitian.
- Mahasiswa mampu menyusun instrumen penelitian yang valid dan reliabel sesuai dengan pendekatan yang digunakan.
- Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data yang sesuai dengan pendekatan dan desain penelitian.
- Mahasiswa mampu menjelaskan teknik analisis data yang digunakan secara tepat dan logis.
- Mahasiswa mampu menyusun sistematika proposal penelitian sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang berlaku.
- Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik yang tepat, baku, dan komunikatif dalam penulisan proposal.
- Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi penunjang karya ilmiah (seperti Mendeley, Zotero, atau lainnya) dalam menyusun daftar pustaka.
- Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan struktur logis, argumentasi yang kuat, dan komunikasi yang baik.
- Mahasiswa mampu menerima, merespons, dan merevisi proposal berdasarkan masukan dari dosen pembimbing dan penguji.
- Mahasiswa mampu menunjukkan sikap tanggung jawab, jujur, dan etis dalam menyusun dan mempresentasikan proposal penelitian.
- Mahasiswa mampu menyiapkan proposal yang layak untuk diujikan dalam sidang proposal sebagai langkah awal penyusunan skripsi.