•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Rekayasa Perangkat Lunak

Program Studi D4 Manajemen Informatika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Prak. Rekayasa Perangkat Lunak pada jenjang D4 program studi Manajemen Informatika bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis dalam pengembangan perangkat lunak. Mata kuliah ini mencakup pembelajaran tentang metodologi rekayasa perangkat lunak, analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak. Mahasiswa akan diajarkan konsep-konsep dasar serta teknik-teknik terkini dalam pengembangan perangkat lunak, sehingga dapat menghasilkan produk perangkat lunak yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

CPMK

  • Menerapkan prinsip rekayasa dan pemrograman dalam pengembangan perangkat lunak untuk menyelesaikan masalah nyata (C3)
  • Menganalisis kebutuhan pengguna untuk merancang solusi perangkat lunak yang efektif dan efisien sesuai dengan standar industri (C4)
  • Mengevaluasi dan memilih teknologi yang tepat untuk implementasi solusi perangkat lunak berdasarkan kriteria fungsional dan non-fungsional (C5)
  • Menciptakan prototipe perangkat lunak yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teknologi dan alat modern (C6)
  • Menerapkan metode analisis untuk memecah masalah kompleks dalam pengembangan perangkat lunak menjadi komponen yang lebih kecil dan terkelola (C3)
  • Menganalisis dampak solusi perangkat lunak terhadap aspek sosial dan lingkungan, serta memastikan kepatuhan terhadap norma kultural (C4)
  • Mengevaluasi kinerja dan keamanan aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan berdasarkan pengujian yang sistematis dan kriteria yang telah ditetapkan (C5)
  • Menciptakan dokumentasi teknis yang lengkap untuk perangkat lunak yang dikembangkan, memastikan bahwa dokumentasi tersebut memenuhi standar industri (C6)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep rekayasa dalam perangkat Lunak.
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisa model-model pengembangan perangkat lunak
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Konsep manajemen proyek dan Manajemen proyek perangkat lunak
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Kebutuhan perangkat lunak dan teknik analisa kebutuhan perangkat lunak
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Konsep pemodelan sistem
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Konsep Database
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Konsep perancangan antarmuka perangkat lunak
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Menganalisa tahapan RPL berdasarkan studi kasus soal UTS
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Terampil dalam spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (PL)
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Terampil dalam pemodelan sistem dengan DFD (Data Flow Diagram)
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 11
    Terampil dalam pemodelan Entity relational diagram (ERD)
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Terampil dalam perancangan antar muka
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Terampil dalam membuat aplikasi/program RPL
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Terampil dalam membuat aplikasi/program RPL
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Terampil dalam membuat aplikasi/program RPL
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  5 Juni 2024

Dosen

SALAMUN ROHMAN NUDIN
SALAMUN ROHMAN NUDIN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiD4 Manajemen Informatika
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10