Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini berisi pengkajian teori tentang industri fashion yang meliputi definisi dan terminologi fashion, sifat dan kategori fashion, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan perubahan fashion, level dan ruang lingkup industri fashion yang terdiri atas primary level, secondary level, retail level dan auxiliary level, karir di bidang industri fashion, serta mengenal fashion desainer nasional dan internasional, dengan menggali informasi tentang karakteristik/specialty-nya, brand/label dan kontribusinya dalam industri fashion. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan konstruktivisme. Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi kelompok, case study dan presentasi.
CPMK
- Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam proses pembelajaran (S)
- Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar industri fashion yang merupakan salah satu global industri (P)
- Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, beradaptasi terhadap perkembangan IPTEKS dan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur dalam menganalisis karya-karya fashion desainer nasional maupun internasional dan kontribusinya dalam industri fashion dengan melakukan penelusuran referensi (KU)