Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini meliputi pembahasan konsep kewirausahaan dalam usaha menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan yaitu kemampuan memotivasidiri agar mampu menangkap peluang usaha, menciptakan jasa, produksi, pemasaran, kemitraan, dan manajemen, serta mampu meningkatkan ketrampilan pemecahan masalahdalam usaha. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek, dan refleksi.
This course covers the discussion of the concept of entrepreneurship to develop an entrepreneurial spirit, i.e. the ability to motivate themselves to be able to capture business opportunities, create services, production, marketing, partnerships, and management, and be able to improve problem-solving skills in business. Lectures carried out with a system of discussion, project assignments, and reflection.
CPMK
Mahasiswa dapat menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menjalankan tugasnya sebagai wirausaha
Mahasiswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap profesinya sebagai wirausaha secara mandiri maupun berkelompok.
Mahasiswa dapat mengambil keputusan yang tepat dalam memecahkan masalah sebagai wirausaha
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar kewirausahaan
Date 1 September 2023
Pertemuan 2
Memotivasi diri sendiri dalam mewujudkan dream
Date 8 September 2023
Pertemuan 3
Peluang usaha dan ide bisnis
Date 15 September 2023
Pertemuan 4
Etika bisnis
Date 22 September 2023
Pertemuan 5
Rencana bisnis
Date 29 September 2023
Pertemuan 6
Rencana bisnis
Date 13 Oktober 2023
Pertemuan 7
Rencana pemasaran dalam menjalankan sebuah usaha
Date 13 Oktober 2023
Pertemuan 8
UTS
Date 27 Oktober 2023
Pertemuan 9
Rencana produksi dalam sebuah usaha
Date 27 Oktober 2023
Pertemuan 10
Merencanakan Sumber Daya Manusia dalam sebuah usaha
Teori Ekonomi Makro merupakan mata kuliah yang menjelaskan Ilmu Ekonomi secara agregat, yang mendalami isu-isu jangka pendek dan jangka panjang berdasarkan teori Klasik dan teori
Matakuliah ini mengkaji konsep dasar perilaku konsumen terkait dengan faktor-faktoryang mempengaruhi, model perilaku konsumen, konsep kepuasan dan loyalitas konsumen,pendorong kepuasan konsumen, motivasi dan kebutuhan, kepribadian
Mahasiswa memahami konsep penilaian berbasis kelas, dapat mengembangkan berbagai alat ukur hasil belajar, terampil merencanakan, melaksanakanan, mengolah, dan melaporkan evaluasi proses dan hasil belajar.