Matakuliah Praktikum Mikrokontroler merupakan matakuliah lanjutan Teori Mikrokontroler. Pada matakuliah ini kegiatan belajar difokuskan pada praktik merancang dan membuat sistem mikrokontroler. Mahasiswa yang akan menempuh matakuliah ini diharapkan sudah menyelesaikan mata kuliah Teori Mikrokontroler. Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk merancang dan membuat aplikasi tematik berbasis mikrokontroler.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Arduino dan komponen elektronika
Date 2 September 2024
Pertemuan 2
Pin digital, pin analog dan PWM pada arduino-uno
Date 9 September 2024
Pertemuan 3
Dasar pemrograman arduino
Date 16 September 2024
Pertemuan 4
Dasar pemrograman arduino
Date 23 September 2024
Pertemuan 5
Melakukan analisis pada percobaan digital I/O pada arduino-uno.
Date 30 September 2024
Pertemuan 6
Melakukan analisis pada percobaan display LCD 16x2 pada arduino-uno
Date 7 Oktober 2024
Pertemuan 7
Melakukan analisis pada percobaan keypad pada arduino-uno.
Date 14 Oktober 2024
Pertemuan 8
Melakukan analisis pada percobaan ADC pada arduino-uno.
Date 21 Oktober 2024
Pertemuan 9
Merancang dan membuat aplikasi tematik berbasis modul arduino-uno.
Date 28 Oktober 2024
Pertemuan 10
Merancang dan membuat aplikasi tematik berbasis modul arduino-uno.
Date 4 November 2024
Pertemuan 11
Merancang dan membuat aplikasi tematik berbasis modul arduino-uno.
Date 11 November 2024
Pertemuan 12
Merancang dan membuat aplikasi tematik berbasis modul arduino-uno.
Date 18 November 2024
Pertemuan 13
Merancang dan membuat aplikasi tematik berbasis modul arduino-uno.
Date 25 November 2024
Pertemuan 14
Merancang dan membuat aplikasi tematik berbasis modul arduino-uno.
Date 2 Desember 2024
Pertemuan 15
Merancang dan membuat aplikasi tematik berbasis modul arduino-uno.
Materi kuliah terdiri dari konsep model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran yang meliputi pembelajaran inovatif, Pendekatan Behavioristik dan konstruktivis,strategi-strategi belajar (learning strategies), metode pembelajaran, pendekatan
Melakukan latihan praktek mengajar mikro dengan saling bertukar peran dan berlatiih untuk menguasai keterampilan dasar mengajar , praktek kegiatan belajar dan berdiskusi mengenai masalah-masalah yang
Materi lanjutan dari pemrograman seperti pointer, struct, dsb. Selain itu juga beberapa struktur data yang digunakan dalam pemrograman, baik yang statis atau dinamis. Dan juga