Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Aplikasi Komputer Kuliner ini bertujuan untuk mengimplementasikan tentang konsep, metode, dan teknik penggunakan aplikasi pendukung di bidang pendidikan kuliner yang meliputi pembuatan media ajar dan media bahan ajar. Aplikasi yang dipelajari antara lain yaitu prezi sebagai media presentasi, uizziz sebagai media pembelajaran interaktif berbasis online, powtoon sebagai media penyajian secara audio visual, edpuzzle sebagai media interaktif. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu mengumpulkan sumber referensi menggunakan mendeley, melakukan editing video sederhana di bidang kuliner, membuat aplikasi sederhana berbasis android, serta mampu menggunakan SPSS untuk kepentingan analisis karya ilmiah. Pembelajaran dilakukan dengan methode pembelajaran langsung. Penilian dilakukan dengan menggunakan projek yang dikumpulkan setiap tatap muka.
CPMK
- Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS melalui penguasaan komputer untuk mengembangakan media ajar dan media bahan ajar
- Mahasiswa menguasai program komputer yang mendukung pemebelajaran di bidang tata boga
- Mahasiswa mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi terdahap dinamika masalah di lingkungan kerja
- Mahasiswa memiliki karakter bertanggung jawab, kreatif, aktif, percaya diri, dan dedikasi dalam mengembangkan keahlian berbasis computer
- Mahasiswa mampu mengimplementasikan aplikasi komputer kuliner pada bidang boga