•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Perencanaan Pembelajaran

Program Studi S1 Pendidikan IPS UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas perencanaann pembelajaran IPS dengan melakukan perencanaan program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES) yang menggunakan kalender pendidikan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan; membuat perencanaan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS (RPP) yang berorientasi pada cara belajar siswa aktif dengan pendekatan saintifik yang relevan dengan tuntutan kurikulum 2013 tuntutan belajar abad 21; mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran IPS, dalam bentuk modul/diktat/handout yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna; mengembangkan lembar kerja siswa dalam bentuk worksheet, jobsheet , petunjuk praktikum dalam pembelajaran IPS yang berorientasi pada keaktifan/kegiatan siswa; mengembangkan lembar penilaian dalam pembelajaran IPS yang mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menguasai prosedur perencanaan Pembelajaran IPS sesuai kurikulum yang berlaku.
  • Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mahasiswa mampu menganalsis Capaian Pembelajaran (CP) Tujuan pembelajaran yang berlaku pada kurikulum IPS di sekolah.
  • Pertemuan 2
    Mahasiswa mampu merumuskan Tujuan Pembelajaran dari Capaian Pembelajaran Pendidikan IPS.
  • Pertemuan 3
    Mahasiswa mampu menurunkan Tujuan Pembelajaran menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (silabus).
  • Pertemuan 4
    Mahasiswa mampu merancang program tahunan dan program semester sekolah.
  • Pertemuan 5
    Mahasiswa mampu memahami tahapan perencanaan pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 6
    Mahasiswa mampu memahami tahapan perencanaan pembelajaran IPS.
  • Pertemuan 7
    Mahasiswa mampu menganalisis pendekatan backward design dalam merencanakan pembelajaran.
  • Pertemuan 8
    UTS
  • Pertemuan 9
    Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) berbasis pendekatan konstruktivisme.
  • Pertemuan 10
    Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) berbasis pendekatan konstruktivisme.
  • Pertemuan 11
    Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) berbasis pendekatan konstruktivisme.
  • Pertemuan 12
    Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) berbasis pembelajaran berdiferensiasi.
  • Pertemuan 13
    Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) berbasis culturally responsive teaching.
  • Pertemuan 14
    Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) berbasis culturally responsive teaching.
  • Pertemuan 15
    Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) berbasis culturally responsive teaching.
  • Pertemuan 16
    Mahasiswa mampu merancang modul ajar (RPP) berbasis culturally responsive teaching.

Dosen

NUANSA BAYU SEGARA
NUANSA BAYU SEGARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WIWIK SRI UTAMI
WIWIK SRI UTAMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan IPS
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10