Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi
CPMK
1. Mampu menganalisis karakteristik materi (content knowledge), mengevaluasi/asesmen, dan menyusun tindak lanjut dalam pembelajaran Geografi yang inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS. (PLO-1)
Mampu menunjukkan kinerja mandiri dan bekerja sama untuk menghasilkan instrument penilaian pembelajaran Geografi
Mampu merencanakan penilaian pembelajaran Geografi SMA dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IPTEKS
Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang merencanakan/merancang berbagai tenik penilaian secara mandiri
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar
Date 31 Agustus 2023
Pertemuan 2
Teknik penilaian
Date 7 September 2023
Pertemuan 3
Teknik penilaian
Date 14 September 2023
Pertemuan 4
Instrumen penilaian pengetahuan
Date 21 September 2023
Pertemuan 5
Instrumen penilaian pengetahuan
Date 28 September 2023
Pertemuan 6
Melakukan validasi dan reliabitas terhadap soal-soal yang telah disusun
Date 5 Oktober 2023
Pertemuan 7
Melakukan validasi dan reliabitas terhadap soal-soal yang telah disusun
Pemahaman dan pengkajian hakikat serta ruang lingkup geografi tanah dan geomorfologi tanah, tanah sebagai sistem dalam bentanglahan, faktor-faktor dan proses pembentukan tanah, sifat fisika, kimiawi
Kajian tentang dimensi-dimensi politik, pemerintahan, kekuasaan, kewenangan, legitimasi, negara, bangsa, integrasi politik, ideologi, partai politik, perwakilan kepentingan dan politik, keputusan politik, konflik politik, perilaku politik,
Menguasai konsep dan teori tentang mendesain dan mengelola organisasi sektor publik, mengimplementasi kebijakan publik, mengelola pelayanan, dan administrasi pembangunan