Deskripsi Mata Kuliah
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan motode project base learning. Penilaian dilakukan terhadap partisipasi, tes, portofolio
CPMK
- Mampu mengembangkan pemikiran yang logis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan di bidang pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran geografi sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku
- Mampu mengambil keputusan untuk merencanakan dan mengembangkan penilaian pembelajaran Geografi SMA yang transformatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IPTEKS
- Mampu memperoleh, mengolah, menganalisis tentang berbagai evaluasi pembelajaran geografi di SMA sesuai dengan tuntutan kurikulum Geografi yang transformatif