Deskripsi Mata Kuliah
Melakukan pengkajian pada bahan ajar yang sudah ada, SK-KD, indikator yang sesuai dengan materi yang dibutuhkan oleh mahasiswa serta sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep pengembangan bahan ajar, tujuan, manfaat, prinsip pendekatan, langkah-langkah pengembangan, jenis bahan ajar serta pemahaman tentang validasi dan uji coba bahan ajar. Pengembangan bahan ajar geografi dilakukan dengan memilih salah satu jenis bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, kemampuan guru dan tuntutan kurikulum. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dengan memberikan latihan mengembangkan bahan ajar geografi secara individu. Penilaian dilakukan secara portofolio melalui rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
CPMK
- Mampu merancang bahan ajar berdasarkan analisis kebutuhan pembelajaran
- Mampu mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik peserta didik
- Mampu menggunakan berbagai media dan teknologi dalam pengembangan bahan ajar
- Mampu melakukan evaluasi dan penyempurnaan bahan ajar yang telah dibuat