Mata kuliah ini menjelaskan batasan, ruang lingkup, karakteristik dan perkembangan paradigma manajemen pelayanan publik. Mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan dasar tentang public dan privat goods, prinsip-prinsip pelayanan publik dan standar pelayanan, kelembagaan pelayanan publik dan bagaimana mengelola sumberdaya dan budaya organisasi sehingga mamp meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kepuasan pelanggan melalui penanganan keluhan, serta reformasi dan inovasi pelayanan
CPMK
Sub-CPMK1 Mahasiswa mampu memahami pelayanan publik sebagai ilmu pengetahuan
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Pelayanan publik sebagai ilmu pengetahuan
Date 29 Agustus 2023
Pertemuan 2
Perkembangan paradigma pelayanan publik
Date 5 September 2023
Pertemuan 3
Membedakan public goods dan private goods
Date 12 September 2023
Pertemuan 4
Pengidentifikasi prinsip dan standar pelayanan publik
Mata kuliah ini akan membahas konsep dan hakikat Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, serta pandangan hidup bangsa. Mata kuliah ini juga mengkaji Pancasila secara
Kajian tentang dimensi-dimensi politik, pemerintahan, kekuasaan, kewenangan, legitimasi, negara, bangsa, integrasi politik, ideologi, partai politik, perwakilan kepentingan dan politik, keputusan politik, konflik politik, perilaku politik,
Matakuliah ini membahas geografi terpadu di suatu wilayah kajian secara komprehensif dengan pola pikir multi disiplin. Ruang yang membentuk kawasan dipelajari dalam bentuk sebagai penyusun