Deskripsi Mata Kuliah
: Pengkajian penguasaan konsep kurikulum dengan melakukan analisis berupa komponen, prinsip, pengembangan kurikulum, konsep dasar pendidikan geografi, kedudukan geografi dalam kurikulum, dan kurikulum ideal bagi pendidikan geografi di SMA. Model pembelajaran dengan problem based learning dengan penugasan secara individual.
CPMK
- 1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menguasai konsep Perkembangan kurikulum di Indonesia dan komponen perubahan kurikulum serta dampaknya bagi pembelajaran Geografi di sekolah. 2. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menganalisis karakteristik dan perbedaan mendasar dari Kurikulum 1994, Kurikulum 2004/KBK, KTSP, K13 serta implementasinya terhadap proses pembelajaran Geografi di sekolah. 3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) ke dalam indikator dan tujuan pembelajaran pendidikan geografi di sekolah. 4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dalam mengimplementasikan kurikulum kedalam pembelajaran Geografi sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku di sekolah.
- 1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menguasai konsep Perkembangan kurikulum di Indonesia dan komponen perubahan kurikulum serta dampaknya bagi pembelajaran Geografi di sekolah. 2. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menganalisis karakteristik dan perbedaan mendasar dari Kurikulum 1994, Kurikulum 2004/KBK, KTSP, K13 serta implementasinya terhadap proses pembelajaran Geografi di sekolah. 3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) ke dalam indikator dan tujuan pembelajaran pendidikan geografi di sekolah. 4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dalam mengimplementasikan kurikulum kedalam pembelajaran Geografi sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku di sekolah.