•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Evaluasi Belajar dan Pembelajaran

Program Studi S1 Pendidikan Sejarah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi

CPMK

  • Menganalisis konsep evaluasi pembelajaran
  • Mengaplikasikan konsep evaluasi pembelajaran sekolah menengah atas
  • Menganalisis sistem penilaian
  • Mengaplikasikan system penilaian pada evaluasi pembelajaran di sekolah menengah
  • Menganalisis teknik dan bentuk penilaian
  • Mengaplikasikan teknik dan bentuk penilaian pada evaluasi pembelajaran sekolah menengah atas
  • Menganalisis konsep HOTS dan keterampilan metakognitif
  • Mengaplikasikan konsep HOTS dan keterampilan metakognitif pada evaluasi pembelajaran di sekolah menengah atas
  • Mengevaluasi hasil pelaporan penilaian pembelajaran
  • Mengembangan dokumen hasil pelaporan penilaian pembelajaran sekolah menengah atas

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis dasar hukum, prinsip dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran sejarah di Sekolah
    • Date  2 September 2024

  • Pertemuan 2
    Definisi, prinsip, dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah menengah atas
    • Date  9 September 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis sistem penilaian acuan norma (PAN) dan Penilaian acuan patokan (PAP)
    • Date  16 September 2024

  • Pertemuan 4
    PAN dan PAP pada evaluasi pembelajaran
    • Date  23 September 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis instrumen tes dan non-tes sebagai alat penilaian dalam evaluasi pembelajaran
    • Date  30 September 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis instrumen tes dan non-tes sebagai alat penilaian dalam evaluasi pembelajaran
    • Date  7 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis instrumen tes dan non-tes sebagai alat penilaian dalam evaluasi pembelajaran
    • Date  14 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Instrumen tes dan non-tes dalam rancangan evaluasi pembelajaran di sekolah menengah atas
    • Date  21 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis konsep berpikir HOTS dan konsep berpikir metakognitif dalam evaluasi pembelajaran
    • Date  28 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Konsep berpikir tingkat tinggi dan proses berpikir metakognitif pada instrumen evaluasi pembelajaran di sekolah menengah atas
    • Date  4 November 2024

  • Pertemuan 11
    Konsep berpikir tingkat tinggi dan proses berpikir metakognitif pada instrumen evaluasi pembelajaran di sekolah menengah atas
    • Date  11 November 2024

  • Pertemuan 12
    Hasil laporan penilaian pembelajaran
    • Date  18 November 2024

  • Pertemuan 13
    Hasil laporan penilaian pembelajaran
    • Date  25 November 2024

  • Pertemuan 14
    Menyusun laporan hasil penilaian pembelajaran
    • Date  2 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Menyusun laporan hasil penilaian pembelajaran
    • Date  9 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  16 Desember 2024

Dosen

CORRY LIANA
CORRY LIANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DINAR RIZKY LISTYAPUTRI
DINAR RIZKY LISTYAPUTRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Sejarah
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10