Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, teori konektivisme, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Memahami teori belajar perilaku dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 2
Memahami teori belajar perilaku dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 3
Memahami teori belajar sosial dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 4
Memahami teori belajar sosial dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 5
Memahami teori belajar sosial dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 6
Memahami teori pemrosesan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 7
Memahami teori pemrosesan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester
Pertemuan 9
Memahami model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 10
Memahami teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 11
Memahami teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 12
Memahami teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 13
Memahami teori konektivisme dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 14
Memahami teori konektivisme dan penerapannya dalam pembelajaran
Pertemuan 15
Memahami teori-teori motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran
Matakuliah ini mengkaji tentang phenomenologi didaktik Pendidikan Matematika Realistik, prinsip dan karakteristik Matematika Realistik, embodied cognition, jenis-jenis konteks untuk pembelajaran matematika terkait fenomena kehidupan, Hypothetical
Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kajian asumsi-asumsi, teori pengembangan kurikulum, standar, metode pengembangan, model-model evaluasi, dan hasil penelitian kurikulum pendidikan sains. Mata kuliah ini
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan ruang lingkup IPA, IPA sebagai inkuiri, Keterampilan Proses Sains (KPS), aspek konten IPA, fungsi IPA dalam penumbuhan kecakapan