Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memfasilitasi terjadinya pemahaman pada mahasiswa atas 10 model pengintegrasian kurikulum, yaitu fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, threaded, integrated, immersed, dan networked, STEM, dan STSE dan latihan mengimplementasikan pengintegrasian kurikulum (mengembangkan perangkat pembelajaran dan mensimulasikannya) dalam pembelajaran/perkuliahan di kelas. Dengan demikian, mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk terbangunnya kompetensi merancang (desaigner) kurikulum terintegrasi yang bermakna dan dapat mengimplementasikannya dalam pembelajaran sains.
CPMK
- Menguasai pengetahuan dan desain pembelajaran berbasis pada model-model pengintegrasian kurikulum yang direkomendasikan oleh Fogarty, STEM, dan SETS dalam bidang keilmuan sains untuk meningkatkan kualitas praktik profesionalnya melalui kerangka TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji pada bidang pendidikan.
- Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA (RPP, bahan ajar, LKPD, media, dan/atau instrumen penilaian) yang inovatif untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.