Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar bahasa pemrograman visual, bagaimana menggunakan tools dan software yang ada sehingga mampu mentransformasikan pembelajaran matematika berbasis digital dengan menghasilkan aplikasi media pembelajaran dan game edukasi yang baik. Desain visual dan tampilan grafis juga dikenalkan dalam mata kuliah ini dan diakhiri dengan project pembuatan aplikasi
untuk pembelajaran Matematika
CPMK
Mampu memahami konsep pemrograman dan teknologi pendukungnya
Mampu merancang pembelajaran matematika yang menggunakan software pemrograman
Mampu membuat program aplikasi untuk pembelajaran matematika
Mampu menyelesaikan tugas dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Mengenal pemgrograman python
Date 6 September 2024
Pertemuan 2
Mengenal konsep dasar pemrograman Python
Date 13 September 2024
Pertemuan 3
Mengenal kontrol program seleksi
Date 20 September 2024
Pertemuan 4
Mengenal kontrol program seleksi
Date 27 September 2024
Pertemuan 5
Mengenal kontrol program seleksi
Date 4 Oktober 2024
Pertemuan 6
Menyusun pemrograman GUI berbasis Python
Date 11 Oktober 2024
Pertemuan 7
Menyusun pemrograman GUI berbasis Python
Date 18 Oktober 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 25 Oktober 2024
Pertemuan 9
Mengenal aplikasi pengambangan media pembelajaran dan game edukasi untuk pembelajaran matematika
Date 1 November 2024
Pertemuan 10
Merancang project aplikasi untuk pembelajaran matematika
Date 8 November 2024
Pertemuan 11
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 15 November 2024
Pertemuan 12
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 22 November 2024
Pertemuan 13
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 29 November 2024
Pertemuan 14
Kreativitasnya untuk membuat usulan project
Date 6 Desember 2024
Pertemuan 15
Kreativitasnya untuk membuat usulan project
Date 13 Desember 2024
Pertemuan 16
Hasil akhir pengembangan proyek tugas akhir aplikasi untuk pembelajaran matematika
Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, teori konektivisme, serta pemotivasian siswa untuk
Kajian tentang konsep-konsep dasar: Stoikhiometri, Struktur Atom & Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Larutan, Sistem Koloid, Energetika, Laju Reaksi, Kesetimbangan Kimia, Redoks & Elektrokimia, Kimia
Kajian tentang aliran berfikir dalam keilmuan, pertanyaan filosofis keilmuan (ontologi, epistemologi, dan aksiologi), peran tools of science, dan komponen keilmuan (produk ilmiah, metode ilmiah, dan