Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Teori belajar perilaku dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 4 September 2024
Pertemuan 2
Teori belajar perilaku dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 11 September 2024
Pertemuan 3
Teori belajar sosial dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 18 September 2024
Pertemuan 4
Teori Belajar Gestalt dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 25 September 2024
Pertemuan 5
Model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaranMemahami model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 2 Oktober 2024
Pertemuan 6
Model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 9 Oktober 2024
Pertemuan 7
Model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 16 Oktober 2024
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester (Materi Teori Pembelajaran Pertemuan pertama sd. Ketujuh (TB Pendahuluan, Behaviorisme,Sosial, Kognitif:Gestalt, Pemerosesan Informasi )
Date 23 Oktober 2024
Pertemuan 9
Teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 30 Oktober 2024
Pertemuan 10
Teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 6 November 2024
Pertemuan 11
Teori-teori konstruktivisme dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 13 November 2024
Pertemuan 12
Teori-teori motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 20 November 2024
Pertemuan 13
Teori-teori motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 27 November 2024
Pertemuan 14
Teori-teori motivasi dan penerapan-nya dalam pembelajaran
Date 4 Desember 2024
Pertemuan 15
Teori belajar intelegensi ganda
Date 11 Desember 2024
Pertemuan 16
Ujian Akhir Semester 30% Materi Pertemuan 1-7 dan 70% Materi Pertemuan 9-15
KAJIAN TENTANG pengertian kurikulum, perkembangan kurikulum biologi sekolah, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian, konsep-konsep esensial dan pembelajarannya,
Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi
Memahami konsep dasar Biologi sebagai ilmu, struktur dan fungsi sel, metabolisme yang mencakup transpor, fotosintesis dan respirasi, genetika, keanekaragaman makhluk hidup dan nomenklatur, asal usul