Deskripsi Mata Kuliah
Mengaji tentang pengertian kurikulum, perkembangan kurikulum matematika sekolah di Indonesia dan negara lain tentang kurikulum terkini dan kurikulum sebelumnya serta kesesuaiannya dengan pembelajaran, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, dan merancang strategi mengatasi miskonsepsi matematika pada sekolah menengah (SMP/SMA/SMK) dengan memanfaatkan ICT melalui pembelajaran berbasis tugas dan diskusi.
CPMK
- Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan tentang konsep kurikulum, perkembangan kurikulum matematika sekolah, dan analisis kurikulum matematika sekolah
- Mampu merancang strategi mengatasi miskonsepsi matematika dalam bentuk lintasan belajar untuk pembelajaran di sekolah menengah (SMP/SMA/SMK) dengan memanfaatkan ICT
- Mampu mengevaluasi rancangan strategi mengatasi miskonsepsi matematika dalam bentuk lintasan belajar untuk pembelajaran di sekolah menengah (SMP/SMA/SMK) dengan memanfaatkan ICT
- Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil penelitian terkait kurikulum matematika sekolah secara efektif secara lisan dan tulisan
- Mampu mengambil keputusan berdasarkan data / informasi dalam menyelesaikan tugas terkait kurikulum matematika sekolah yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dikerjakan.
- Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam menganalisis kurikulum matematika sekolah dan miskonsepsi siswa, serta merancang dan mengevaluasi rancangan strategi mengatasi miskonsepsi siswa dalam pembelajaran matematika di SMP/SMA/SMK.