Mata kuliah ini mengkaji konsep e-learning dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika. Pembahasan diawali pengertian dan karakteristik e-learning, dilanjutkan mempelajari teknologi pendukung e-learning. Kemudian menerapkannya untuk membuat e-learning sederhana untuk pembelajaran
matematika melalui pembelajaran berbasis tugas berbantuan TIK.
CPMK
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Matematika
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi e-learning matematika dengan menggunakan TIK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Pengertian e-learning dan sejarah perkembangannya
Date 5 Februari 2024
Pertemuan 2
Konsep dasar e-learning
Date 12 Februari 2024
Pertemuan 3
Konsep dasar e-learning
Date 19 Februari 2024
Pertemuan 4
Tools pendukung e-learning
Date 26 Februari 2024
Pertemuan 5
Tools LMS berbasis Moodle
Date 4 Maret 2024
Pertemuan 6
Merancang e-learning dalam pembelajaran matematika
Date 11 Maret 2024
Pertemuan 7
Merancang e-learning dalam pembelajaran matematika
Date 18 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 25 Maret 2024
Pertemuan 9
Membuat konten multimedia dalam e-learning
Date 1 April 2024
Pertemuan 10
Konten yang diperlukan dalam e-learning
Date 8 April 2024
Pertemuan 11
Finalisasi pembuatan e-learning/LMS
Date 15 April 2024
Pertemuan 12
Mempraktekkan e-learning pembelajaran matematika yang sudah dibuat
Date 22 April 2024
Pertemuan 13
Mempraktekkan e-learning pembelajaran matematika yang sudah dibuat
Mengkaji tentang landasan teori, tahapan, pengelolaan kelas, dan evaluasi dalam Pembelajaran Diferensiasi, Pembelajaran Mendalam (Deep Learning), Model Pengajaran Langsung, Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning), Pembelajaran
Mata kuliah ini membekali mahasiswa kompetensi dan keterampilan dalam metodologi penelitian pendidikan Matematika dan penyusunan draf proposal penelitian. Cakupan materi tentang filosofi berbagai pendekatan penelitian,
Mata kuliah ini membahas tentang fakta, konsep, prinsip/hukum, dan prosedur pengukuran, kinematika, dinamika, suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Perkuliahan dilakukan dengan diskusi, kegiatan laboratorium (inkuiri,