Deskripsi Mata Kuliah
Desain dan Teknologi Pembelajaran Seni adalah mata kuliah yang membahas prinsip dan teknik perancangan pembelajaran seni berbasis teknologi dengan pendekatan model pembelajaran case study. Mahasiswa akan diajak untuk menganalisis dan merancang solusi pembelajaran seni yang relevan dengan kebutuhan zaman melalui studi kasus nyata, seperti integrasi teknologi digital dalam pembelajaran seni rupa, musik, atau tari. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya pembelajaran sepanjang hayat, sehingga mahasiswa diajak untuk memahami bahwa pembelajaran seni tidak berhenti di ruang kelas, melainkan terus berkembang melalui eksplorasi teknologi dan penerapan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan ini, diharapkan mahasiswa mampu menciptakan inovasi pembelajaran seni yang adaptif, inklusif, dan berkelanjutan.
CPMK
- Pemahaman terhadap lingkup substansi perkuliahan Pemahaman paradigma baru belajar dan pembelajaran
- Mengidentifikasi Konsep teori-teori belajar dan pembelajaran Memahami prinsip desain dan teknologi pembelajaran sebagai sebuah sistem
- Menganalisis proses dan tahapan desain dan teknologi pembelajaran sebagai sebuah sistem (Instrucsional System Design)
- Menganalisis model-model desain dan kebutuhan teknologi pembelajaran Seni Budaya
- Menyusun modelmodel desain dan kebutuhan teknologi pembelajaran Seni Budaya