Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi asesmen pembelajaran bahasa dan sastra yang sesuai dengan konteks pendidikan tinggi. Topik utama meliputi prinsip-prinsip asesmen autentik, pengembangan instrumen penilaian berbasis kompetensi, teknik evaluasi keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis) dan apresiasi sastra, serta analisis hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menerapkan berbagai pendekatan asesmen yang valid, reliabel, dan berorientasi pada perkembangan peserta didik, serta mengintegrasikan teknologi dalam evaluasi pembelajaran bahasa-sastra. Ruang lingkup mencakup kajian teoritis dan praktik pengembangan rubrik, portofolio, penilaian kinerja, dan asesmen digital dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra Indonesia maupun asing.
CPMK
- Menerapkan prinsip-prinsip asesmen autentik dalam merancang instrumen penilaian pembelajaran bahasa dan sastra (C3)
- Menganalisis berbagai teknik dan instrumen asesmen bahasa dan sastra berdasarkan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran (C4)
- Mengevaluasi kualitas instrumen asesmen bahasa dan sastra berdasarkan prinsip validitas, reliabilitas, dan praktikalitas (C5)
- Menciptakan rubrik penilaian yang inovatif untuk asesmen kompetensi berbahasa dan bersastra (C6)
- Menerapkan strategi asesmen formatif dan sumatif dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra (C3)
- Menganalisis data hasil asesmen bahasa dan sastra untuk diagnosis kesulitan belajar peserta didik (C4)
- Mengevaluasi efektivitas program asesmen pembelajaran bahasa dan sastra berdasarkan standar nasional (C5)
- Menciptakan model asesmen alternatif yang adaptif untuk pembelajaran bahasa dan sastra di era digital (C6)
- Menerapkan teknik analisis butir soal untuk meningkatkan kualitas instrumen asesmen bahasa dan sastra (C3)
- Menganalisis isu etis dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran bahasa dan sastra (C4)