Deskripsi Mata Kuliah
This course provides understanding and abilities about theories, concepts, meanings, history, figures and their thoughts, management functions, as well as their implementation in Non-Formal and Informal Education programs through explanations, discussions and presentations. Lectures are carried out with
material presentations, discussions and assignments. The indicator for this course is the student‘s ability to carry out management stages starting from planning, implementation, monitoring, to evaluation in its implementation in non-formal education programs.
The Non-formal Education Management (NFE) course discusses management concepts, principles and practices applied in non-formal education, such as course institutions, community learning activity centers (PKBM), and skills training programs outside formal education (schools and universities).
CPMK
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, karakteristik, dan urgensi pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan sepanjang hayat
- Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan dan regulasi pendidikan nonformal di Indonesia serta implikasinya terhadap pengelolaan program
- Mahasiswa mampu merancang perencanaan program pendidikan nonformal berbasis kebutuhan masyarakat
- Mahasiswa mampu mengorganisasikan lembaga pendidikan nonformal dengan pendekatan manajemen kelembagaan yang efektif
- Mahasiswa mampu mengembangkan strategi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu mengelola sumber daya dan pembiayaan pendidikan nonformal secara efektif dan berkelanjutan
- Mahasiswa mampu menerapkan strategi implementasi pembelajaran dalam pendidikan nonformal berdasarkan pendekatan andragogi dan berbasis komunitas
- Mahasiswa mampu memanfaatkan inovasi teknologi dalam mendukung pengelolaan dan pembelajaran pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan sistem monitoring serta evaluasi dalam program pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu mengembangkan jejaring kemitraan dan strategi kolaborasi dalam pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu menerapkan model pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis best practice dalam pengelolaan program pendidikan nonformal dari berbagai studi kasus
- Mahasiswa mampu menyusun strategi pengembangan program pendidikan nonformal yang inovatif dan berkelanjutan
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis dan rancangan program pendidikan nonformal secara sistematis, logis, dan profesional