•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Manajemen Pendidikan Non Formal

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

This course provides understanding and abilities about theories, concepts, meanings, history, figures and their thoughts, management functions, as well as their implementation in Non-Formal and Informal Education programs through explanations, discussions and presentations. Lectures are carried out with material presentations, discussions and assignments. The indicator for this course is the student‘s ability to carry out management stages starting from planning, implementation, monitoring, to evaluation in its implementation in non-formal education programs. The Non-formal Education Management (NFE) course discusses management concepts, principles and practices applied in non-formal education, such as course institutions, community learning activity centers (PKBM), and skills training programs outside formal education (schools and universities).

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, karakteristik, dan urgensi pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan sepanjang hayat
  • Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan dan regulasi pendidikan nonformal di Indonesia serta implikasinya terhadap pengelolaan program
  • Mahasiswa mampu merancang perencanaan program pendidikan nonformal berbasis kebutuhan masyarakat
  • Mahasiswa mampu mengorganisasikan lembaga pendidikan nonformal dengan pendekatan manajemen kelembagaan yang efektif
  • Mahasiswa mampu mengembangkan strategi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan nonformal
  • Mahasiswa mampu mengelola sumber daya dan pembiayaan pendidikan nonformal secara efektif dan berkelanjutan
  • Mahasiswa mampu menerapkan strategi implementasi pembelajaran dalam pendidikan nonformal berdasarkan pendekatan andragogi dan berbasis komunitas
  • Mahasiswa mampu memanfaatkan inovasi teknologi dalam mendukung pengelolaan dan pembelajaran pendidikan nonformal
  • Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan sistem monitoring serta evaluasi dalam program pendidikan nonformal
  • Mahasiswa mampu mengembangkan jejaring kemitraan dan strategi kolaborasi dalam pendidikan nonformal
  • Mahasiswa mampu menerapkan model pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan nonformal
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis best practice dalam pengelolaan program pendidikan nonformal dari berbagai studi kasus
  • Mahasiswa mampu menyusun strategi pengembangan program pendidikan nonformal yang inovatif dan berkelanjutan
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis dan rancangan program pendidikan nonformal secara sistematis, logis, dan profesional

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian dan peran pendidikan nonformal
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis kebijakan dan regulasi pendidikan nonformal
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Membuat rancangan program pendidikan nonformal
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Strategi pengelolaan lembaga pendidikan nonformal
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Strategi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan nonformal.
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Mekanisme pengelolaan keuangan dalam pendidikan nonformal
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Merancang model pembelajaran berbasis andragogi
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Materi pertemuan 1-7
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis penggunaan teknologi dalam pendidikan nonformal
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Menyusun sistem monitoring dan evaluasi program pendidikan nonformal
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Students are able to understand assessment in educational management and its application in non-formal education units
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Students understand the Total Quality Management (TQM) MODEL.
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Students understand the management of the PNF program (END SEMESTER EXAMINATION)
    • Date  20 Mei 2024

Dosen

ROFIK JALAL ROSYANAFI
ROFIK JALAL ROSYANAFI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester4
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10