•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pengembangan Pembelajaran Sains AUD

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Sains merupakan bidang yang dijadikan wahana untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan berbagai aspek perkembangan lainnya yang terkait dan kegiatan yang hidup dan berada dalam kehidupan sehari-hari. Sains dapat dipandang sebagai materi isi kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini memberikan sejumlah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa memahami, menganalisis, menggunakan dan mengembangkan konsep teoritik tentang pendidikan sains pada anak usia dini. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengelaborasi berbagai disain pembelajaran sains anak usia dini dengan menggunakan berbagai jenis serta proses bermain dalam berbagai konteks kehidupan yang nyata, bermakna dan menyenangkan. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, project based learning, Diskusi Grub, dan Simulasi.

CPMK

  • Mahasiswa mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya selama mengikuti perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik
  • Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini
  • Mahasiswa menciptakan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini
  • Mahasiswa mampu menganalisis konsep karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Urgensi pendidikan sains
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis makna, tujuan, fungsi pendidikan sains untuk AUD
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis prinsip umum dalam pembelajaran sains AUD
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry)
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Makna, ruang lingkup, dan tujuan konten pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology)
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester (UTS)
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Pembelajran sains untuk anak dini serta contohnya mencakup; sains biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, dsb.
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Pembelajran sains untuk anak dini serta contohnya mencakup; sains biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, dsb.
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Merancang , mengaplikasikan dan mengevaluasi suatu kegiatan sains untuk anak
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Membuat media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Membuat rubrik penilaian pembelajaran sains
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Hasil rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Menganalisis hasil penerapan rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  22 Mei 2024

Dosen

SRI WIDAYATI
SRI WIDAYATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10