•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Teori dan Praktik Supervisi Pendidikan

Program Studi S3 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Teori dan Praktik Supervisi Pendidikan mengintegrasikan teori dengan aplikasi praktis supervisi pendidikan melalui metode pengajaran yang interaktif, diskusi kritis, penelitian lapangan, dan proyek pengembangan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahirkan mahasiswa dalam mengabstraksikan konsep teoritis serta berinovasi dalam penerapan pendekatan, teknik, model dan pengembangan supervisi pendidikan melalui studi literatur dan riset secara komprehensif. Oleh karena itu, matakuliah ini dirancang untuk memperdalam pengetahuan supervisi pendidikan melalui telaah kajian literatur secara komprehensif yang memuat dimensi dan ruang lingkup supervisi pendidikan. Selain itu, matakuliah ini membekali mahasiswa mampu menerapkan keterampilan praktis dalam supervisi pendidikan secara profesional melalui simulasi secara berkelompok. Mata Kuliah ini memerlukan keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam menganalisis fenomena pelaksanaan supervisi pendidikan dan inovasi berbasis informasi teknologi yang dikembangkan melalui proyek dalam bentuk studi pendahaluan secara individu. Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan project-based learning, cooperative learning, dan self-directed learning. Proyek ini diharapkan menghasilkan research gap, baik theoritical gap maupun practical gab tentang dinamika dan pengembangan inovasi supervisi pendidikan berbasis digital. Output mata kuliah ini berupa book chapter dan rancangan/proposal penelitian tentang inovasi dan praktik supervisi pendidikan yang dipresentasikan dalam seminar.

CPMK

  • Mahasiswa menguasai konsep supervisi pendidikan secara teoritis mencakup ruang lingkup dan dimensinya secara komprehensif
  • Mahasiswa mampu menerapkan keterampilan praktis supervisi pendidikan dengan berbagai model dan pendekatan secara profesional
  • Mahasiswa mampu menganalisis fenomena dan permasalahan supervisi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner
  • Mahasiswa mampu merancang karya inovatif dan teruji dalam ruang lingkup supervisi pendidikan sebagai alternatif pemecahan masalah supervisi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kontrak perkuliahan dan peta jalan perkuliahan selama satu semester.
    • Date  9 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis sejarah dan evolusi supervisi dalam konteks akademik.
    • Date  16 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis teori supervisi pendidikan klasik dan kontemporer.
    • Date  23 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Keterampilan praktis supervisi pendidikan dengan berbagai model dan pendekatan secara profesional.
    • Date  1 Maret 2024

  • Pertemuan 5
    Keterampilan praktis supervisi pendidikan dengan berbagai model dan pendekatan secara profesional.
    • Date  8 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Peraturan dan kebijakan pemerintah yang relevan dengan pelaksanaan supervisi pendidikan.
    • Date  15 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Keterampilan praktis supervisi pendidikan dalam pemanfaatan aplikasi teknologi dan informasi.
    • Date  22 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    USS dengan tepat waktu.
    • Date  29 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Memproyeksi tantangan kontemporer dan peluang dalam supervisi pendidikan.
    • Date  5 April 2024

  • Pertemuan 10
    Metodologi penelitian untuk melaksanakan riset supervisi pendidikan.
    • Date  12 April 2024

  • Pertemuan 11
    Metodologi penelitian untuk melaksanakan riset supervisi pendidikan.
    • Date  19 April 2024

  • Pertemuan 12
    Metodologi penelitian untuk melaksanakan riset supervisi pendidikan.
    • Date  26 April 2024

  • Pertemuan 13
    Metodologi penelitian untuk melaksanakan riset supervisi pendidikan.
    • Date  3 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Metodologi penelitian untuk melaksanakan riset supervisi pendidikan.
    • Date  10 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Metodologi penelitian untuk melaksanakan riset supervisi pendidikan.
    • Date  17 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Mempresentasikan proposal penelitian yang menggambarkan dinamika dan inovasi dalam praktik supervisi pendidikan dalam seminar ilmiah
    • Date  24 Mei 2024

Pustaka

Dosen

MURTADLO
MURTADLO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NUNUK HARIYATI
NUNUK HARIYATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Manajemen Pendidikan
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10