Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah Teori dan Praktik Supervisi Pendidikan mengintegrasikan teori dengan aplikasi praktis supervisi pendidikan melalui metode pengajaran yang interaktif, diskusi kritis, penelitian lapangan, dan proyek pengembangan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahirkan mahasiswa dalam mengabstraksikan konsep teoritis serta berinovasi dalam penerapan pendekatan, teknik, model dan pengembangan supervisi pendidikan melalui studi literatur dan riset secara komprehensif. Oleh karena itu, matakuliah ini dirancang untuk memperdalam pengetahuan supervisi pendidikan melalui telaah kajian literatur secara komprehensif yang memuat dimensi dan ruang lingkup supervisi pendidikan. Selain itu, matakuliah ini membekali mahasiswa mampu menerapkan keterampilan praktis dalam supervisi pendidikan secara profesional melalui simulasi secara berkelompok. Mata Kuliah ini memerlukan keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam menganalisis fenomena pelaksanaan supervisi pendidikan dan inovasi berbasis informasi teknologi yang dikembangkan melalui proyek dalam bentuk studi pendahaluan secara individu. Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan project-based learning, cooperative learning, dan self-directed learning. Proyek ini diharapkan menghasilkan research gap, baik theoritical gap maupun practical gab tentang dinamika dan pengembangan inovasi supervisi pendidikan berbasis digital. Output mata kuliah ini berupa book chapter dan rancangan/proposal penelitian tentang inovasi dan praktik supervisi pendidikan yang dipresentasikan dalam seminar.
CPMK
- Mahasiswa menguasai konsep supervisi pendidikan secara teoritis mencakup ruang lingkup dan dimensinya secara komprehensif
- Mahasiswa mampu menerapkan keterampilan praktis supervisi pendidikan dengan berbagai model dan pendekatan secara profesional
- Mahasiswa mampu menganalisis fenomena dan permasalahan supervisi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner
- Mahasiswa mampu merancang karya inovatif dan teruji dalam ruang lingkup supervisi pendidikan sebagai alternatif pemecahan masalah supervisi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner