Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengabstraksikan substansi dan ruang lingkup evaluasi dan supervisi pendidikan serta memahirkan mahasiswa dalam menyusun instrumen evaluasi program pendidikan dan pembelajaran serta instrumen supervisi dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Matakuliah ini juga membekali mahasiswa untuk mampu mengkorelasikan aktivitas evaluasi dan supervisi pendidikan dengan upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode Project-Based Learning, Self-Directive Learning dan Cooperative Learning. Luaran dari perkuliahan ini adalah artikel ilmiah yang disubmit pada jurnal nasional/internasional terakreditasi serta draft kumpulan instrumen supervisi pendidikan
CPMK
- Mahasiswa mampu menginternalisasi karakter "cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru dalam teori dan praktik Evaluasi dan Supervisi Pendidikan
- Menguasai konsep teoritis meliputi, tujuan, prinsip dan teknik, langkah-langkah dan prosedur, pendekatan, model dan perangkat Evaluasi dan Supervisi Pendidikan melalui pemanfaatan beragam sumber belajar dan teknologi informasi
- Mengabstraksikan dinamika dan perkembangan kajian Evaluasi dan Supervisi Pendidikan melalui studi literatur yang bersumber pada hasil penelitian (10 tahun terakhir) dan buku-buku yang relevan
- Memecahkan permasalahan Evaluasi dan supervisi pendidikan melalui identifikasi dan penyusunan alternatif solusi dengan pendekatan inter dan multidisipliner melalui penelitian yang menghasilkan karya inovatif dan teruji
- Mengembangkan perangkat (instrumen) Evaluasi dan Supervisi pendidikan sesuai dengan kontek dan kebutuhan
- Menyusun rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) melauli pemanfaatan hasil evaluasi dan supervisi pendidikan