•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Evaluation and Supervision Education

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

This course aims to equip students to be able to abstract the substance and scope of educational evaluation and supervision and to become proficient in preparing educational and learning program evaluation instruments and supervision instruments by utilizing technology and information. This course also equips students to be able to correlate educational evaluation and supervision activities with efforts to improve the quality of educational institutions. Learning is carried out using Project-Based Learning, Self-Directive Learning and Cooperative Learning methods. The output of this lecture is a scientific article submitted to an accredited national/international journal as well as a draft collection of educational supervision instruments

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menginternalisasi karakter "cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru dalam teori dan praktik Evaluasi dan Supervisi Pendidikan
  • Menguasai konsep teoritis meliputi, tujuan, prinsip dan teknik, langkah-langkah dan prosedur, pendekatan, model dan perangkat Evaluasi dan Supervisi Pendidikan melalui pemanfaatan beragam sumber belajar dan teknologi informasi
  • Mengabstraksikan dinamika dan perkembangan kajian Evaluasi dan Supervisi Pendidikan melalui studi literatur yang bersumber pada hasil penelitian (10 tahun terakhir) dan buku-buku yang relevan
  • Memecahkan permasalahan Evaluasi dan supervisi pendidikan melalui identifikasi dan penyusunan alternatif solusi dengan pendekatan inter dan multidisipliner melalui penelitian yang menghasilkan karya inovatif dan teruji
  • Mengembangkan perangkat (instrumen) Evaluasi dan Supervisi pendidikan sesuai dengan kontek dan kebutuhan
  • Menyusun rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) melauli pemanfaatan hasil evaluasi dan supervisi pendidikan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    1.1 berpendapat, bertanya, dan memberikan respon positif sebagai perwujudan partisipasi aktif dalam perkuliahan
    • Date  10 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    2.1 berpendapat, bertanya, dan memberikan respon positif sebagai perwujudan partisipasi aktif dalam perkuliahan
    • Date  17 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    3.1 mengkaji dan menjelaskan landasan filosofis, landasan psikologis dan landasan sosial evaluasi pendidikan
    • Date  24 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    4.1 mengkaji model evaluasi CIPP dan model Stake serta menentukan sifat/ciri masing-masing model
    • Date  2 Maret 2024

  • Pertemuan 5
    5.1 menyimpulkan konsep supervisi pendidikan
    • Date  9 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    6.1 mengkaji pendekatan-pendekatan dalam supervisi
    • Date  16 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    7.1 menguasai prinsip-prinsip evaluasi program
    • Date  23 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    8.1 memenuhi tugas USS secara inovatif dan mandiri sesuai dengan kriteria dan lini masa yang ditentukan
    • Date  30 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    9.1 menyusun perencanaan kebutuhan pengembangan profesional guru
    • Date  6 April 2024

  • Pertemuan 10
    10.1 menguasai teknik pengumpulan data pada evaluasi dan supervisi pendidikan
    • Date  13 April 2024

  • Pertemuan 11
    11.1 mengumpulkan dan menganalisis instrumen supervisi pendidikan yang telah digunakan
    • Date  20 April 2024

  • Pertemuan 12
    11.1 mengumpulkan dan menganalisis instrumen supervisi pendidikan yang telah digunakan
    • Date  27 April 2024

  • Pertemuan 13
    11.1 mengumpulkan dan menganalisis instrumen supervisi pendidikan yang telah digunakan
    • Date  4 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    11.1 mengumpulkan dan menganalisis instrumen supervisi pendidikan yang telah digunakan
    • Date  11 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    15.1 melakukan refleksi perkuliahan
    • Date  18 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    16.1 berpendapat, bertanya, dan memberikan respon positif sebagai perwujudan partisipasi aktif dalam perkuliahan

Lecturer

NUNUK HARIYATI
NUNUK HARIYATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Manajemen Pendidikan
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10