•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Filsafat ilmu Pendidikan Dasar

Program Studi S3 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk mengevaluasi dengan mendalam tentang ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat pendidikan dasar sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat. Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes.

CPMK

  • Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) atas Pendidikan Dasar sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.
  • Mengubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait pendidikan dasar di Indonesia.
  • Mengembangkan nalar yang benar dan komprehensif serta memanfaatkan logika ontologi mengenai ilmu pendidikan dasar dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) untuk kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis ilmu pendidikan secara komprehensif (mendalam dan meluas), yang menjawab 3 pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi).
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis ontology pendidikan dasar
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Membuat kajian 4 prinsip dasar (filosofis, sosiologis-antropologis, psikologis, dan pedagogis) dari pendidikan dasar.
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTSKemampuan Akhir: meliputi pertemuan 1-7
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Menganalisis bukti keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  20 Mei 2024

Pustaka

Dosen

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10