•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Philosophy of Basic Education Science

Program Studi S3 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Course Description

This course deepens understanding of general approaches to educational philosophy, basic educational philosophy, and deeper and broader conceptualizations and issues involving science, technology, and society. In addition, this course is designed to provide an in-depth understanding of ontology, epistemology, axiology and educational methodology, the characteristics and nature of basic education as a vehicle for expanding the vision of doctoral candidates so that it can trigger the ability to think reflectively and think critically in developing and applying knowledge. education and its relationship with technology and society.

Program Objectives (PO)

  • Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) atas Pendidikan Dasar sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.
  • Mengubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait pendidikan dasar di Indonesia.
  • Mengembangkan nalar yang benar dan komprehensif serta memanfaatkan logika ontologi mengenai ilmu pendidikan dasar dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) untuk kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis ilmu pendidikan secara komprehensif (mendalam dan meluas), yang menjawab 3 pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi).
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis ontology pendidikan dasar
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Membuat kajian 4 prinsip dasar (filosofis, sosiologis-antropologis, psikologis, dan pedagogis) dari pendidikan dasar.
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTSKemampuan Akhir: meliputi pertemuan 1-7
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Menganalisis bukti keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  20 Mei 2024

References

Lecturer

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10