•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Praksis Kritis Pembelajaran IPS dan PKn Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang ragam perspektif studi sosial dan PKn untuk mengatasi permasalahan melalui desain pembelajaran alternatif. Aktivitas mata kuliah ini dirancang secara dialogis, demokratis dan partisipatif dalam mengembangkan kualitas metodologi dan praksis pembelajaran IPS dan PKn. Mata kuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa dalam mengembangkan gagasan pembaharuan praktik pendidikan IPS dan PKn, baik di sekolah dasar maupun di pendidikan guru sekolah dasar.

CPMK

  • Memahami perspektif ilmu sosial dan kewarganegaraan dalam orientasi pembelajaran IPS dan PKn di sekolah dasar pada pendidikan guru sekolah dasar
  • Menganalisis persoalan praktik pembelajaran IPS dan PKn di sekolah dasar dengan memanfaatkan kesenjangan empiris dan kebaruan hasil kajian dan penelitian
  • Mengevaluasi desain, produk, dan implementasi pembelajaran IPS dan PKn di sekolah dasar sebagai bahan rekomendasi pembelajaran alternatif

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Perspektif ilmu sosial dan kewarganegaraan dalam orientasi pembelajaran IPS dan PKn di Sekolah Dasar pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    • Date  10 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Perspektif ilmu sosial dan kewarganegaraan dalam orientasi pembelajaran IPS dan PKn di Sekolah Dasar pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    • Date  17 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Perspektif ilmu sosial dan kewarganegaraan dalam orientasi pembelajaran IPS dan PKn di Sekolah Dasar pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    • Date  24 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis persoalan praktik pembelajaran IPS dan PKn di Sekolah Dasar dengan memanfaatkan kesenjangan empiris dan kebaruan hasil kajian dan penelitian
    • Date  2 Maret 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis persoalan praktik pembelajaran IPS dan PKn di Sekolah Dasar dengan memanfaatkan kesenjangan empiris dan kebaruan hasil kajian dan penelitian
    • Date  9 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis persoalan praktik pembelajaran IPS dan PKn di Sekolah Dasar dengan memanfaatkan kesenjangan empiris dan kebaruan hasil kajian dan penelitian
    • Date  16 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Desain, produk, dan implementasi pembelajaran IPS dan PKn di Sekolah Dasar sebagai bahan rekomendasi pembelajaran alternatif
    • Date  23 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester (UTS)
    • Date  30 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Merancang desain kurikulum dan pembelajaran IPS dan PKn berorientasi pendidikan kritis, transformatif dan berkelanjutan.
    • Date  6 April 2024

  • Pertemuan 10
    Merancang desain kurikulum dan pembelajaran IPS dan PKn berorientasi pendidikan kritis, transformatif dan berkelanjutan.
    • Date  13 April 2024

  • Pertemuan 11
    Merancang desain kurikulum dan pembelajaran IPS dan PKn berorientasi pendidikan kritis, transformatif dan berkelanjutan.
    • Date  20 April 2024

  • Pertemuan 12
    Merancang desain kurikulum dan pembelajaran IPS dan PKn berorientasi pendidikan kritis, transformatif dan berkelanjutan.
    • Date  27 April 2024

  • Pertemuan 13
    Merancang desain kurikulum dan pembelajaran IPS dan PKn berorientasi pendidikan kritis, transformatif dan berkelanjutan.
    • Date  4 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Merancang desain kurikulum dan pembelajaran IPS dan PKn berorientasi pendidikan kritis, transformatif dan berkelanjutan.
    • Date  11 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Review Perkuliahan
    • Date  18 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester (UAS)
    • Date  25 Mei 2024

Dosen

DURROTUN NAFISAH
DURROTUN NAFISAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RADEN RORO NANIK SETYOWATI
RADEN RORO NANIK SETYOWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10