Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar beserta ruang lingkup menurut beberapa tokoh dan aliran psikologi. Selain itu juga membahas penerapan konsep psikologi belajar dalam dunia pendidikan.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep tentang pengertian belajar, perbedaan jenis-jenis belajar, dan filosofi teori belajar.
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 2
Teori koneksionisme (E.L. Thorndike)
Date 14 Februari 2024
Pertemuan 3
Teori classical conditioning (Pavlov)
Date 21 Februari 2024
Pertemuan 4
Teori operant conditioning (B.F.Skinner)
Date 28 Februari 2024
Pertemuan 5
Teori Perilaku sistematis (Hull)
Date 6 Maret 2024
Pertemuan 6
Teori contigous conditioning (Guthrie)
Date 13 Maret 2024
Pertemuan 7
Teori sampling stimulus (William Kaye Estes)
Date 20 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 27 Maret 2024
Pertemuan 9
Teori Gestalt
Date 3 April 2024
Pertemuan 10
Teori Gestalt
Date 10 April 2024
Pertemuan 11
Teori Gestalt
Date 17 April 2024
Pertemuan 12
Teori Gestalt
Date 24 April 2024
Pertemuan 13
Konsep teori neurofisiologis dominan (Donald Olding Hebb)
Date 1 Mei 2024
Pertemuan 14
Konsep teori evolusioner (Bolles)
Date 8 Mei 2024
Pertemuan 15
Dan membandingkan konsep tentang pengertian belajar, perbedaan jenis-jenis belajar, dari ahli-ahli
Matakuliah ini membahas tentang sistem pengelolaan kegiatan pelatihan berdasarkan pada model pembelajaran, desain model pembelajaran, penilaian dan evaluasi program melalui pembelajaran proyek dan kolaboratif
Mata kuliah ini memuat nilai-nilai karakter Pancasila yang ditumbuhkembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk menyiapkan warga negara yang cerdas dan baik. mata kuliah
Mata kuliah identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui konsep, tujuan,