This course discusses the meaning, factors that influence learning and the scope according to several figures and schools of psychology. Apart from that, it also discusses the application of learning psychology concepts in the world of education.
Program Objectives (PO)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep tentang pengertian belajar, perbedaan jenis-jenis belajar, dan filosofi teori belajar.
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 2
Teori koneksionisme (E.L. Thorndike)
Date 14 Februari 2024
Pertemuan 3
Teori classical conditioning (Pavlov)
Date 21 Februari 2024
Pertemuan 4
Teori operant conditioning (B.F.Skinner)
Date 28 Februari 2024
Pertemuan 5
Teori Perilaku sistematis (Hull)
Date 6 Maret 2024
Pertemuan 6
Teori contigous conditioning (Guthrie)
Date 13 Maret 2024
Pertemuan 7
Teori sampling stimulus (William Kaye Estes)
Date 20 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 27 Maret 2024
Pertemuan 9
Teori Gestalt
Date 3 April 2024
Pertemuan 10
Teori Gestalt
Date 10 April 2024
Pertemuan 11
Teori Gestalt
Date 17 April 2024
Pertemuan 12
Teori Gestalt
Date 24 April 2024
Pertemuan 13
Konsep teori neurofisiologis dominan (Donald Olding Hebb)
Date 1 Mei 2024
Pertemuan 14
Konsep teori evolusioner (Bolles)
Date 8 Mei 2024
Pertemuan 15
Dan membandingkan konsep tentang pengertian belajar, perbedaan jenis-jenis belajar, dari ahli-ahli
Matakuliah ini membahas tentang pengertian teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran, domain teknologi pendidikan dan pembelajaran, perspektif teknologi pendidikan, ilmu-ilmu yang menunjang teknologi pendidikan, sumber-sumber yang
This course discusses the meaning, scope and contribution of educational psychology, student development, learning theories, personality aspects that influence learning, learning difficulties, counseling guidance in