•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa memahami berbagai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif serta implementasinya di penelitian pendidikan dasar. Perkuliahan dirancang berbasis proyek dan studi kasus dengan menggunakan berbagai teknologi statistik, aplikasi-aplikasi analisis literature, kualitatif dan reference manager. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan satu draft proposal tesis dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif sesuai dengan topik riset yang dipilih.

CPMK


Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Paradigma kuantitatif dalam penelitian Pendidikan dasar dengan pendekatan statistik dan software pengolahan data kuantitatif terkini
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Paradigma kuantitatif dalam penelitian Pendidikan dasar dengan pendekatan statistik dan software pengolahan data kuantitatif terkini
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Paradigma kuantitatif dalam penelitian Pendidikan dasar dengan pendekatan statistik dan software pengolahan data kuantitatif terkini
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis metode penelitian dalam paradigma mixed methods yang muncul dalam ragam penelitian tindakan kelas dan lesson study
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis metode penelitian dalam paradigma mixed methods yang muncul dalam ragam penelitian tindakan kelas dan lesson study
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Ragam prosedur penelitian pengembangan berbagai tipe seperti ADDIE, ASSURE, 4D, R&D, dsb dalam artikel pada jurnal bereputasi pada topik penelitian berbasis etnopedagogi dan literasi global.
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Paradigma kualitatif dalam penelitian Pendidikan dasar dengan pendekatan etnografi, naratif, case study, dan design research
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menyusun dan mempresentasikan rumusan masalah dan tujuan penelitian pada penelitian Pendidikan dasar
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Menyusun dan mempresentasikan rumusan masalah dan tujuan penelitian pada penelitian Pendidikan dasar
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Menyusun dan mempresentasikan kajian Pustaka yang relevan dengan variabel dan topik riset sesuai kerangka berpikir dan hasil riset sebelumnya yang relevan
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Menyusun dan mempresentasikan kajian Pustaka yang relevan dengan variabel dan topik riset sesuai kerangka berpikir dan hasil riset sebelumnya yang relevan
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Menyusun dan mempresentasikan metode dan prosedur penelitian yang diperlukan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan pada awal proposal penelitian
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Menyusun dan mempresentasikan metode dan prosedur penelitian yang diperlukan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan pada awal proposal penelitian
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Menyusun instrument penelitian untuk mengambil data yang dibutuhkan untuk menjawab rumusan masalah penelitian
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  20 Mei 2024

Dosen

SURYANTI
SURYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HERU SUBRATA
HERU SUBRATA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10