Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan ruang lingkup pengembangan diri beserta aplikasinya.
CPMK
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mewujudkan karakter Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh dalam perilaku keseharian
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Tujuan perkuliahan. arti dan dinamika kepribadian.
Date 5 Februari 2024
Pertemuan 2
Mengenal dirinya, sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan diri. Selain itu, mahasiswa dapat memahami arti umpan balik dan dapat menggunakannya secara tepat agar dapat memahami diri sendiri.
Date 12 Februari 2024
Pertemuan 3
Mengenal dirinya, sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan diri. Selain itu, mahasiswa dapat memahami arti umpan balik dan dapat menggunakannya secara tepat agar dapat memahami diri sendiri.
Date 19 Februari 2024
Pertemuan 4
Mempunyai sikap positif dalam menghadapi situasi
Date 26 Februari 2024
Pertemuan 5
Mengenal dirinya, sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan diri
Date 4 Maret 2024
Pertemuan 6
Mempunyai sikap positif dalam menghadapi situasi
Date 11 Maret 2024
Pertemuan 7
Konsep etika, dan mampu menunjukkan sikap dan perilaku beretika sesuai dengan situasi dan kondisi.
Date 18 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 25 Maret 2024
Pertemuan 9
Pentingnya komunikasi efektif dengan orang lain dan dapat mengenal dan mampu bersikap asertif dalam berkomunikasi.
Date 1 April 2024
Pertemuan 10
Makna kemampuan berinteraksi antar pribadi dalam upaya pengembangan kualitas diri.
Date 8 April 2024
Pertemuan 11
Makna motivasi dan target dalam upaya pengembangan kualitas diri
Date 15 April 2024
Pertemuan 12
Pentingnya cara memanage waktu sehingga diharapkan dapat sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing individu.
Date 22 April 2024
Pertemuan 13
Konsep karier, perencanaan karier, dan proses pengembangan karier
Date 29 April 2024
Pertemuan 14
Cara-cara melakukan presentasi dan mampu melakukan presentasi.
Date 6 Mei 2024
Pertemuan 15
Cara-cara melakukan presentasi dan mampu melakukan presentasi.
Matakuliah ini mengkaji dan Menganalisis tentang pendayagunaan sumber daya pendidikan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi lembaga pendidikan dengan memanfaatkan simtem teknologi informasi yang bertujuan dapat
Kajian tentang konsep dasar dan prinsip penilaian proses dan hasil pembelajaran, model-model penilaian program, pengembangan berbagai alat evaluasi dan pengujian kualitas alat evaluasi secara empiris,
memberikan pengetahuan tentang konsep media dan sumber belajar, manfaat, tujuan, prinsip-prinsip, klasifikasi media menurut tokoh, jenis dan karakteristik media anak usia dini, analisis media pembelajaran,