Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang membahas secara mendalam pendekatan pembelajaran matematika sekolah yang berpandangan konstruktivisme sosial, dan mengutamakan siswa belajar menemukan kembali sendiri secara terbimbing (guided reinvention) konsep dan alternatif pemecahan masalah melalui penyajian masalah matematika yang konstektual dan saling berkaitan berbasis etnomatematika. Cara penyajian topik, dan evaluasi hasil belajar siswa yang dibahas dalam pendekatan ini disesuaikan dengan pengetahuan awal siswa, tahap perkembangan kognitif siswa, serta lingkungan siswa sehingga terbentuk pengetahuan (produk dan proses) matematika siswa yang bermakna.
CPMK
- Mampu mengeksplorasi kultur dirinya yang terkait dengan etnomatematika di Sekolah Dasar secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif
- Mampu menganalisis konsep matematika dalam kearifan lokal yang dipilih sesuai dengan keterkaitannya dengan kompetensi dalam kurikulum Matematika SD
- Mampu membuat gunung es PMRI yang memuat kearifan lokal dan topik Matematika SD tertentu dalam rancangan pembelajaran Matematika sesuai dengan hasil riset yang relevan sebelumnya
- Mampu melaksanakan rancangan pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar untuk menghasilkan ALT yang logis, kritis, dan sistematis
- Mampu mengevaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berbasis kearifan lokal untuk mendapatkan HLT yang dianalisis dengan hasil riset sebelumnya yang relevan
- Mampu menyusun artikel ilmiah dengan pendekatan desain riset atau kualitatif naratif atas hasil ujicoba HLT di sekolah dasar