•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pengembangan Manajemen Pemasaran Pendidikan*

Program Studi S3 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah pengembangan manajemen pemasaran pendidikan membekali mahasiswa untuk mengidentifikasi secara komprehensif dan mendalam tentang ruang lingkup pemasaran pendidikan yang mencakup urgensi, tujuan, dan prinsip-prinsip dalam pemasaran lembaga pendidikan. Selain itu matakuliah ini juga membekali mahasiswa dalam merumuskan proses segmentasi pasar lembaga pendidikan, bauran pemasaran pendidikan, strategi promosi dan komunikasi, sumber daya manusia (SDM) penting yang diperlukan serta proses pengorganisasian dan implementasi pemasaran pendidikan dengan tujuan agar mahasiswa mampu merumuskan strategi pengembangan pemasaran lembaga pendidikan yang berorientasi pada pelanggan dan mampu menyediakan pelayanan prima jasa pendidikan. Tujuan akhir dari perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu merancang model pengembangan strategi pengembangan pemasaran pendidikan pada lingkup satuan pendidikan.

CPMK

  • Menginternalisasi karakter cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru dalam teori Manajemen Pendidikan
  • Mengabstraksi konsep teoritis meliputi urgensi, tujuan, prinsip-prinsip pemasaran pendidikan melalui pemanfaatan beragam sumber belajar dan teknologi informasi;
  • Mengabstraksi dinamika dan perkembangan pemasaran pendidikan melalui identifikasi kondisi di lapangan serta studi literatur yang bersumber pada hasil penelitian (10 tahun terakhir), peraturan/kebijakan yang relevan, serta buku-buku yang relevan
  • Mengembangkan model strategi pemasaran lembaga pendidikan sesuai dengan konteks dan kebutuhan yang ada pada lembaga pendidikan
  • Memecahkan permasalahan Pengembangan Pemasaran Pendidikan melalui identifikasi segmentasi pasar lembaga pendidikan, bauran pemasaran pendidikan, proses promosi dan komunikasi, pemenuhan sumber daya manusia (SDM) penting dalam pemasaran, sehingga mampu menyediakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada pelanggan dan dapat memberikan pelayanan jasa yang prima

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    1. Mahasiswa mengetahui tujuan perkuliahan Pemasaran Pendidikan
    • Date  30 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Memperjelas konsep pemasaran jasa pendidikan dan public relation
    • Date  6 September 2023

  • Pertemuan 3
    Dan membuat rancangan manajemen pemasaran pada lembaga pendidikan secara komprehensif dan mendalam
    • Date  13 September 2023

  • Pertemuan 4
    Ruang lingkup marketing communication
    • Date  20 September 2023

  • Pertemuan 5
    Ruang lingkup marketing communication
    • Date  27 September 2023

  • Pertemuan 6
    Ruang lingkup marketing communication secara tepat dan komprehensif
    • Date  4 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Menganalisis kondisi lembaga melalui analisis SWOT serta merumuskan strategi pemasaran pada lembaga pendidikan yang dinilai efektif secara tepat dan cermat
    • Date  11 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    UTS dengan tepat waktu
    • Date  18 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Merencanakan sasaran dan memproyeksikan perilaku pelanggan jasa pada lembaga pendidikan secara holistik
    • Date  25 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Bauran pemasaran jasa (marketing mix) pada lembaga pendidikan secara komprehensif
    • Date  1 November 2023

  • Pertemuan 11
    Merumuskan strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning Lembaga Pendidikan guna memunculkan image (brand) lembaga secara cermat dan holistik
    • Date  8 November 2023

  • Pertemuan 12
    Memproyeksikan penentu Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan secara komprehensif
    • Date  15 November 2023

  • Pertemuan 13
    Review materi secara keseluruhan oleh dosen pengampu
    • Date  22 November 2023

  • Pertemuan 14
    Karya dalam bentuk makalah
    • Date  29 November 2023

  • Pertemuan 15
    Karya dalam bentuk makalah
    • Date  6 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    UAS dengan tepat waktu
    • Date  20 Desember 2023

Dosen

DEWIE TRI WIJAYATI WARDOYO
DEWIE TRI WIJAYATI WARDOYO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NUNUK HARIYATI
NUNUK HARIYATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Manajemen Pendidikan
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10