Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah pengembangan manajemen pemasaran pendidikan membekali mahasiswa untuk mengidentifikasi secara komprehensif dan mendalam tentang ruang lingkup pemasaran pendidikan yang mencakup urgensi, tujuan, dan prinsip-prinsip dalam pemasaran lembaga pendidikan. Selain itu matakuliah ini juga membekali mahasiswa dalam merumuskan proses segmentasi pasar lembaga pendidikan, bauran pemasaran pendidikan, strategi promosi dan komunikasi, sumber daya manusia (SDM) penting yang diperlukan serta proses pengorganisasian dan implementasi pemasaran pendidikan dengan tujuan agar mahasiswa mampu merumuskan strategi pengembangan pemasaran lembaga pendidikan yang berorientasi pada pelanggan dan mampu menyediakan pelayanan prima jasa pendidikan. Tujuan akhir dari perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu merancang model pengembangan strategi pengembangan pemasaran pendidikan pada lingkup satuan pendidikan.
CPMK
- Menginternalisasi karakter cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru dalam teori Manajemen Pendidikan
- Mengabstraksi konsep teoritis meliputi urgensi, tujuan, prinsip-prinsip pemasaran pendidikan melalui pemanfaatan beragam sumber belajar dan teknologi informasi;
- Mengabstraksi dinamika dan perkembangan pemasaran pendidikan melalui identifikasi kondisi di lapangan serta studi literatur yang bersumber pada hasil penelitian (10 tahun terakhir), peraturan/kebijakan yang relevan, serta buku-buku yang relevan
- Mengembangkan model strategi pemasaran lembaga pendidikan sesuai dengan konteks dan kebutuhan yang ada pada lembaga pendidikan
- Memecahkan permasalahan Pengembangan Pemasaran Pendidikan melalui identifikasi segmentasi pasar lembaga pendidikan, bauran pemasaran pendidikan, proses promosi dan komunikasi, pemenuhan sumber daya manusia (SDM) penting dalam pemasaran, sehingga mampu menyediakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada pelanggan dan dapat memberikan pelayanan jasa yang prima