•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Konsep Dasar IPA Lanjut

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang substansi konsep sifat-sifat cahaya, alat optik, listrik, magnet, IPBA, sel, keragaman makhluk hidup, invertebrate, vertebrata, sistem pada manusia yang mendukung pembelajaran IPA di SD dan MI, serta mengembangkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperilaku ilmiah, serta kemampuan menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematik, analis, mengambil keputusan melalui aktivitas pengamatan, percobaan, pemecahan masalah membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja tentang hasil pemecahan masalah yang berhubungan dengan IPA. Pencapaian kompetensi dapat diuji melalui tes tulis, penilaian keterampilan, dan sikap..

CPMK

  • Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematik, menganalis, mengambil keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja dan dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan IPA secara kolaboratif, adaptif dan inovatif.
  • Menguasai substansi dan metodologi dasar IPA yang berhubungan dengan konsep-konsep IPA di SD yang meliputi tentang sel, keragaman makhluk hidup, invertebrate, vertebrata, sistem pada manusia, sifat-sifat cahaya, alat optik, kelistrikan, kemagnetan dan IPBA berbasis teknologi dan kearifan lokal.
  • Memiliki keterampilan dasar bidang studi IPA dalam melakukan pengamatan dan percobaan untuk pemecahan masalah fenomena pada kehidupan sehari-hari.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pemikiran logis, kritis, sistematik, analis, mengambil keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan struktur sel, keragaman makhluk hidup, dan struktur anatomi morfologi, serta fisiologi hewan invertebrata.dan vertebrata
  • Pertemuan 2
    Pemikiran logis, kritis, sistematik, analis, mengambil keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan struktur sel, keragaman makhluk hidup, dan struktur anatomi morfologi, serta fisiologi hewan invertebrata.dan vertebrata
  • Pertemuan 3
    Pemikiran logis, kritis, sistematik, analis, mengambil keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan struktur anatomi morfologi, serta proses fisiologi manusia
  • Pertemuan 4

  • Pertemuan 5
    Pemikiran logis, kritis, sistematik, analis, mengambil keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan struktur anatomi morfologi, serta proses fisiologi manusia
  • Pertemuan 6
    Pemikiran logis, kritis, sistematik, analis, mengambil keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan struktur anatomi morfologi, serta proses fisiologi manusia
  • Pertemuan 7
    Pemikiran logis, kritis, sistematik, analis, mengambil keputusan, membuat laporan, menyajikan laporan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan struktur sel, keragaman makhluk hidup, dan struktur anatomi morfologi, serta fisiologi hewan invertebrata.dan vertebrata
  • Pertemuan 8
    Konsep materi struktur sel, keragaman makhluk hidup, dan struktur anatomi morfologi, serta fisiologi hewan invertebrata.dan vertebrata
  • Pertemuan 9
    Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat cahaya, mekanisme penglihatan, pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pertemuan 10
    Prinsip kerja alat optik
  • Pertemuan 11
    Menganalisis gejala kelistrikan dan penerapannya
  • Pertemuan 12
    Menganalisis sifat-sifat magnet dan penerapannya
  • Pertemuan 13
    Menganalisis struktur bumi; tata surya; system bumi, bulan, matahari
  • Pertemuan 14
    Merancang, menguji, mengevaluasi rancangan proyek alat optic berbasis data
  • Pertemuan 15
    Membuat rancangan; menguji; mengevaluasi rancangan pembuatan alat berbasis kelistrikan/kemagnetan
  • Pertemuan 16
    Materi cahaya dan penerapannya

Dosen

FARIDA ISTIANAH
FARIDA ISTIANAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10